PROFIL

 

Program Studi Magister Ilmu Agama Islam

Profil

Program Studi Magister Ilmu Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia yang disingkat Prodi MIAI FIAI UII, adalah Program Strata dua (S-2) yang bernaung di bawah Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Prodi MIAI FIAI UII berdiri pada September 1997 sebagai ikhtiar dalam menghadapi tantangan perkembangan ilmu, teknologi dan informasi, untuk menyiapkan sumber daya manusia yang ahli, dan memiliki integritas keilmuan dan keagamaan. Oleh karena itu sejak awal Prodi MIAI FIAI UII memiliki komitmen pada kesempurnaan risalah Islamiah dalam merealisasikan catur dharma UII yaitu pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan dakwah Islamiyah.

Kualitas manajemen yang diselenggarakan oleh Prodi MIAI FIAI UII dievaluasi secara internal oleh Badan Penjaminan Mutu Universitas Islam Indonesia. Evaluasi eksternal dilakukan oleh BAN-PT untuk akreditasi. Prodi MIAI FIAI UII telah terakreditasi Unggul (A) (2000), Terakreditasi A (2005), Terakreditasi A (2012) dan Terakreditasi A (tahun 2017). Selain itu, Jurnal Studi Islam “Millah” yang diterbitkan sejak tahun 2000 sekarang telah masuk kategori SINTA 3 menuju SINTA 2. Saat ini, konsentrasi bidang studi yang ditawarkan adalah: Ekonomi Islam, Hukum Islam, dan Pendidikan Islam.

Visi Prodi MIAI “Menjadikan Program Studi Magister Ilmu Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia sebagai lembaga pilihan utama pendidikan Magister di bidang Pendidikan Islam, Ekonomi Islam dan Hukum Islam di tingkat ASEAN pada tahun 2030”

Peluang Karir

No

Profil Lulusan

Spesifikasi

 

1

Mampu mengambil keputusan dalam penyelesaian dan pengembangan di bidang Ekonomi Islam, Hukum Islam, dan Pendidikan Islam yang menerapkan nilai Ilahiyyah dan insaniyyah Spesifikasi Utama,

Akademisi di  bidang  Ekonomi Islam, Hukum I slam dan Pendidikan Islam.

 

2

Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah di bidang Ekonomi Islam Hukum Islam, dan Pendidikan Islam. Spesifikasi Tambahan,

Peneliti yang concern dalam bidang Ekonomi Islam, Hukum Islam, dan Pendidikan Islam.

 

3

Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di lembaga dan komunitas yang lebih luas. Spesifikasi Lainnya,

Praktisi yang profesional di bidang Ekonomi Islam, Hukum Islam, dan Pendidikan Islam.

Pendaftaran Klik disini

 

Program Studi Doktor Hukum Islam

Profil

Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) menjadi kebutuhan tersendiri bagi UII. FIAI merupakan fakultas agama yang dimiliki UII yang sejak awal berdirinya telah berkembang dan tidak sedikit menghasilkan lulusan sarjana yang berkualitas. Lebih dari itu kenyataan memperlihatkan bahwa FIAI juga tetap memerlukan peningkatan serta pengembangan baik secara institusional maupun struktural agar lebih mampu mengantisipasi serta menjawab tantangan masa depan. Sebagai Fakultas Ilmu Agama di UII yang rahmatan lil’alamin maka FIAI mempunyai visi untuk menjadi pusat rujukan hukum Islam, pendidikan Islam, dan ekonomi Islam. Semua upaya dilakukan untuk menyiapkan pakar profesional Hukum Islam, Pendidikan Islam, dan Ekonomi Islam yang memiliki komitmen terhadap keunggulan kompetensi.

Dengan menelaah perkembangan-perkembangan mutakhir tersebut, juga dengan mempertimbangkan wacana yang berkembang tentang niat dan cita-cita pendirian UII, maka FIAI UII membuka Program Studi Doktor Hukum Islam (Prodi DHI JSI FIAI UII) dengan Konsentrasi Hukum Islam dan Hukum Ekonomi Syariah.

Ciri khas Prodi DHI adalah mencetak doktor yang ahli dalam bidang hukum Islam berwawasan keislaman dan keindonesiaan, dan ahli dalam bidang sistem hukum Indonesia.

Peluang Karir

No

Profil Lulusan

Spesifikasi

1

Mampu menerjemahkan isu-isu aktual dari sudut pandang hukum Islam yang berkarakteristik Keislaman dan Keindonesiaan. Spesifikasi Utama: Akademisi pada Perguruan Tinggi dan Pakar di bidang Hukum dan Hukum Islam.

2

Mampu menjawab problem kemasyarakatan dengan produk karya ilmiah/tulis terpublikasi dan atau kiprahnya dalam memberikan kontribusi produk fatwa hukum Islam. Spesifikasi Tambahan: Peneliti, Pengembang, dan Penulis ilmu hukum Islam di bidang keagamaan- kemasyarakatan.

3

Mampu memutuskan dan menyelesaikan berbagai sengketa sesuai dengan kompetensi pengadilan yang dapat dipertagungjawabkan secara akademik dan perundang-undangan. Spesifikasi Lainnya Pemikir, praktisi dan konsultan dalam pelaksanaan pembangunan dan pengembangan umat Islam.

Pendaftaran Klik disini

KAMPUS

PPs MIAI FIAI UII berada di

Jln. Demangan Baru  No. 24, Lantai 2 Yogyakarta.

Telp./Fax: (0274) 523637, 08175425758, 085228221334