Prodi Magister Ilmu Agama Islam


Visi

Menjadikan Program Studi Magister Ilmu Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia sebagai lembaga pilihan utama pendidikan Magister di bidang Pendidikan Islam, Ekonomi Islam dan Hukum Islam di tingkat ASEAN pada tahun 2030.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berbasis riset.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan publikasi bertaraf nasional dan internasional.
  3. Melakukan pengabdian berbasis pemberdayaan masyarakat di bidang Pendidikan Islam, Ekonomi Islam dan Hukum Islam dalam bingkai Ulil Albab dan Rahmatan lil ‘Alamin
  4. Melakukan Dakwah Islamiah dalam bingkai Ulil Albab dan Rahmatan lil ‘Alamin

Tujuan

Program Studi Magister Ilmu Agama Islam bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki daya analisis dan inovasi tinggi di bidang Pendidikan Islam, Ekonomi Islam dan Hukum Islam, sebagai bekal untuk berkompetisi di dunia kerja dan mampu bersaing dengan lulusan magister yang lain. Ciri-ciri kemampuan lulusan yang sesuai dengan tujuan Prodi adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki pengetahuan serta pemahaman tentang Pendidikan Islam,Ekonomi Islam dan Hukum Islam secara komprehensif, integral dan terpadu;
  2. Memiliki kemampuan meneliti dan mepublikasikan hasil penelitian untuk kepentingan agama dan masyarakat di tingkat nasional dan internasional;
  3. Mampu memecahkan permasalahan-permasalahan kemasyarakatan melalui pendekatan Pendidikan Islam, Ekonomi Islam dan Hukum Islam yang berbasis Ulil Albab dan Rahmatan lil ‘Alamin.

Prodi Doktor Hukum Islam


Visi

Menjadikan Prodi DHI Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Sebagai Pilihan Utama pendidikan DHI yang Berwawasan Integrasi Keilmuan, Keislaman dan Keindonesiaan di Tingkat ASEAN pada tahun 2030.

Misi

Berorientasi pada pendidikan Hukum Islam, penelitian, publikasi, pengabdian masyarakat dan dakwah Islamiah yang berwawasan integrase keilmuan, keislaman dan keindonesiaan.

Tujuan

Menghasilkan Doktor Hukum Islam yang berwawasan integrasi keilmuan dan keindonesiaan yang;

  1. Memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu bekerjasama.
  2. Memmiliki kemampuan untuk mengidentifikasi, memformulasikan dan menemukan solusi masalah hukum yang dihadapi dengan Multidisipliner.
  3. Memiliki kecakapan dalam menggunakan teknologi informasi sebagai pendukung kualitas pendidikan, penelitian, publikasi, pengabdian pada masyarakat dan dakwah Islamiah.
  4. Memiliki kemampuan mengkomunikasikan ide atau gagasan hukum secara lisan dan tertulis.
  5. Memiliki tanggung jawab dan etika profesi di bidangnya.

Visi, Misi Dan Tujuan Prodi DHI dan Prodi MIAI ini mengacu pada Visi, Misi Dan Tujuan Universitas Islam Indonesia (UII) dan Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI)