ABSTRAK

 

PEMIKIRAN SIYĀSAH SYAR’IYYAH BADI’UZZAMAN SAID NURSI DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMIKIRAN POLITIK PRESIDEN SOEKARNO

Umarulfaruq Abubakar

NIM: 159230004

Studi ini dilatarbelakangi oleh realitas masyarakat Indonesia yang majemuk dan pentingnya menguatkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Penulis berusaha menggali lebih dalam pemikiran pemikiran hukum ulama terkemuka asal Turki ini, khususnya di bidang Siyāsah Syar’iyyah, kemudian melihat apa relevansi dari pemikiran tersebut dengan praktik politik di Indonesia, terutama dalam tatanan sistem nilainya.

Pengaruh perubahan kehidupan politik, sosial, dan budaya, khususnya di dunia Islam, memberik banyak pengaruh dari segi pemikiran dan pemikiran politik, khususnya dalam pandangan Badi`uzzamān Sa`īd Nursi dan Presiden Soekarno  yang terhitung masih hidup sezaman.

Permasalahan pokok yang dijadikan fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana latar belakang kehidupan intelektual, sosial, dan politik Badi`uzzamān Sa`īd Nursi, bagaimana kondisi perpolitikan di Turki pada Nursi, dan sejauh mana pengaruh Nursi dalam kehidupan masyarakat Turki, serta bagaimana relevansi pemikiran pemikiran Sa’id Nursi dengan praktik perpolitikan di Indonesia.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan pemikiran politik Badi’uzzaman Sa’id Nursi, memetakan, dan menganalisis latar belakang keilmuan, sosiokultural, dan sosial politik yang melingkari perjalanan kehidupan tokoh ini. Dilihat dari kandungannya, penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian sejarah. Penulis lebih menekankan pada aspek biografis dan bibliografis, dengan analisa dari sudut pandang Siyāsah Syar’iyyah.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemikiran Siyāsah Syar’iyyah yang disampaikan oleh Badi`uzzamān Sa`īd Nursi memiliki relevansi yang kuat dengan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar utama dari praktik politik bangsa Indonesia, yaitu dalam pada Prinsip Ketuhanan, Prinsip Kemanusiaan, Prinsip Persatuan, Prinsip Permusyawaratan, dan Prinsip Keadilan.

Di titik inilah pandangan politik Nursi menemukan relevansinya dengan perpolitikan di Indonesia. Pemikiran Badi`uzzamān Sa`īd Nursi ini diharapkan menjadi sumbangan pemikiran dalam upaya perbaikan perpolitikan di tanah pertiwi, terutama pada usaha memahami dan menerapkan substansi nilai nilai politik Islam dalam kehidupan demokrasi.

Kata Kunci: Siyasah Syar’iyyah, Pancasila, Said Nursi, Soekarno.