Workshop Penguatan Nilai Nilai Islami oleh Bapak Rektor UII

Pada hari Sabtu, 18 Mei 2019, bertempat di Ruang Seminar Gedung Pascasarjana FIAI UII Demangan Baru, Program Studi Magister Ilmu Agama Islam dan Program Studi Doktor Hukum Islam FIAI UII mengadakan Workshop dengan tema Workshop Perumusan Strategi Pencapaian Nilai-Nilai Islam Untuk SDM Prodi DHI Dan MIAI Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia.

PPs FIAI UII berkomitmen untuk meningkatkan kualitas serta potensi yang dimiliki guna mencetak generasi bangsa yang kompeten dan berakhlak islami dengan pendidikan yang berkualitas sebagai wujud pelayanan UII pada bangsa.

Terkait dengan pentingnya hal ini, maka PPs FIAI UII menyelenggarakan Workshop ini dengan bertujuan Menguatkan nilai dasar keislaman dan pengembangan kapasitas internal, Memberikan landasan teoritik bagi peningkatan kinerja dan profesionalitas Pengelola, Dosen Homebase dan Staf  Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia (PPs FIAI UII). Menumbuhkan sikap profesionalitas Pengelola, Dosen Homebase dan Staf  Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia (PPs FIAI UII) dalam melayani stake holder/pemangku kepentingan.

Narasumber pada workshop kali ini adalah Bapak Rektor UII sendiri yaitu Bapak Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D. Beliau menyampaikan makalah yang berjudul “Mencari Strategi Penguatan Nilai-Nilai Islami di Universitas Islam Indonesia”.

Beliau mengemukakan beberapa strategi yang bisa diterapkan di lingkungan UII, baik itu dosen, karyawan maupun para mahasiswa yaitu

Meningkatkan Integrasi, menjaga integrasi antara berpikir dan berzikir, antara ilmu dengan iman.

Mengasah Sensitivitas, memaknai tanda-tanda di sekitar kita baik itu sosial maupun alam sekitar.

Memastikan relevansi, pola berpikir harus menghasilkan manfaat karena ilmu pengetahuan akan selalu berkembang.

Mengembangkan imajinasi, paduan zikir dan pikir harus menghasilkan imajinasi masyarakat dan umat islam yang lebih maju.

Menjaga independensi, kemandirian berpikir sehat menjadi saringan narasi publik yang seringkali sulit diverifikasi kebenarannya.

Workshop ini dihadiri oleh Dosen dan Pejabat FIAI beserta staff dan karyawan.