MIAI dan DHI Gelar Workshop Penyusunan Instrumen Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Pada hari Sabtu (22/6/2019), Prodi Magister Ilmu Agama Islam dan Prodi Doktor Hukum Islam, Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia (Prodi MIAI dan DHI FIAI UII) adakan Workshop dengan tema Penyusunan Instrumen Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Diharapakan kedua Prodi di FIAI UII ini mampu menghasilkan lulusan yang unggul dan kompeten di bidangnya.

Demikian yang disampaikan oleh Kaprodi DHI FIAI UII, Dr Drs Yusdani M. Ag dikatakan juga kedua Prodi ini diharapkan mampu menjadi Prodi unggulan di UII. Workshop ini dihadiri Dewan Akademik Program Pascasarjana (PPs) FIAI UII dan dosen homebase Prodi MIAI dan DHI. Workshop ini di narasumberi oleh  Bapak Agung Nugroho Adi, ST, MT, Kepala Divisi Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran UII dan dibuka secara resmi oleh Bapak Dekan FIAI UII Bapak Dr. Tamyiz Mukharom, MA.

Bapak Yusdani menjelaskan meningkatkan mutu di dunia pendidikan merupakan kewajiban, sekaligus untuk mengaplikasikan visi dan misi UII agar terus melakukan inovasi dalam sebuah pembelajaran. Dijelaskan juga tujuan adanya workshop ini adalah memastikan dengan baik kegiatan pembelajaran dapat berjalan sesusai dengan CPL dan CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah) setelah itu diharapakan profil lulusan Prodi MIAI dan DHI menjadi lebih jelas dan kompeten sesuai konsentrasi ilmu yang ditempuh. Bapak Yusdani mengatakan juga, pengukuran CPL selama ini dilakukan secara substansi belum dilakukan secara eksplisit, stakeholder sangat mengapresisasi Alumni UII dan ini adalah satu satu bukti.

Sebagai narasumber Bapak Agung Nugroho Adi menjelaskan CPL berisi kriteria mengenai kualifikasi kemampuan atau kompetensi lulusan yang didalamnya mencakup sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang diperoleh setelah proses pembelajaran. CPL berfungsi mewujudkan target pembelajaran, pengembangan aktivitas pembelajaran, asesmen penilaian dosen, parameter utama sistem penjaminan mutu dan untuk meningkatkan akuntabilitas institusi pendidikan terhadap stakeholders.