Nilai-nilai Islam Rahmatan lil ‘alamin

Kajian Pakar Perumusan Nilai-nilai Islam untuk SDM Prodi DHI dan MIAI FIAI UII Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2019. Acara ini merupakan lanjutan dari acara yang serupa sebelumnya.

Acara ini dihadiri oleh para Dosen Homebase Prodi MIAI dan Prodi DHI Program Pascasarjana FIAI UII. Dihadiri juga oleh jajaran Pimpinan di FIAI UII dan juga Tendik. Dipandu oleh moderator, acara ini dibuka langsung oleh Ketua Prodi MIAI FIAI UII Dr. Junanah, MIS.

Tujuan diadakannya acara ini, diharapkan dapat menemukan nilai-nilai Islam untuk Sumber Daya Manusia tenaga pendidik (Tendik) dan dosen di lingkungan Pascasarjana FIAI UII. Nilai-nilai Islam  sangat penting, sebab nilai ini akan berpengaruh terhadap kinerja akademik dan administrasi. UII memiliki Catur Dharma yang bekerja di bidang pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat, dan dakwah Islamiah.

Dengan diadakannya acara ini diharapkan bisa menjaga nilai-nilai Islam yang akan tertanam pada Tendik dan dosen. Selanjutnya, nilai-nilai tersebut akan ditransferkan Tendik dan atau Dosen kepada mahasiswa. Sehingga nilai-nilai Islam tetap eksis di masyarakat sebagai tuntunan atau pedoman hidup.

Narasumber dalam Kajian Pakar kali ini; Bapak Drs. Suwarsono, M.A. beliau adalah Ketua Yayasan Badan Wakaf UII, mengemukakan

nilai-nilai Islam yang membuat dunia Islam maju pada masa lalu harus kita tanamkan kan lagi saat ini, sedangkan nilai-nilai yang membuat kita mundur layak ditinggalkan atau dijauhi.

Sedangkan Bapak Prof. Dr. Usman Abu Bakar, M.A. sebagai Dosen Home Base PPs FIAI UII, menegaskan nilai-nilai Islam bersumber dari Iman yang didalamnya terdapat Islam, Amal, Ihsan dan Ilmu. Semua nilai ini harus ada dimanapun kita berada.

Dengan diadakannya acara ini, diharapkan dapat bermanfaat sebagai bahan bagi Prodi DHI dan Prodi MIAI FIAI UII. Diharapkan dapat melakukan evaluasi dan kajian terus menerus dalam memberikan kontribusi peningkatan academic atmosphere yang ideal.  Yaitu yang terkandung di dalamnya nilai-nilai islam dan bagi upaya-upaya realisasi Visi Islam Rahmatan lil ‘Alamin.