Focus Group Discussion (FGD) Perumusan Strategi Pencapaian Nilai-nilai Islam untuk Sumber Daya Manusia Prodi Magister Ilmu Agama Islam dan Doktor Hukum Islam FIAI UII

Sabtu tanggal 20 Juli 2019 Prodi MIAI dan Prodi DHI mengadakan acara Focus Group Discussion (FGD) Perumusan Strategi Pencapaian Nilai-nilai Islam untuk Sumber Daya Manusia Prodi Magister Ilmu Agama Islam dan Doktor Hukum Islam FIAI UII. Acara ini diadakan di Ruang Sidang Kampus Pascasarjana Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia (PPs FIAI UII) di Demangan Yogyakarta. Acara ini dibuka langsung oleh Ketua Prodi DHI Bapak Dr. Yusdani, M.Ag. Di moderator oleh Bapak Januariansyah Arfaizar, SHI, ME alumni Prodi MIAI dan menghadirkan Narasumber Bapak Dr Ing Ir Ilya Fadjar Maharika MA, IAI. Dosen Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) UII sekaligus menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan/Rumah Gagasan UII

FGD ini dihadiri oleh Dosen Homebase kedua Prodi, Dewan Akademik dan Pejabat FIAI UII. Dengan diundangnya Bapak Ilya, diharapakan mampu menemukan strategi baru yang nanti nya dapat memunculkan semangat baru untuk menemukan nilai-nilai Islam oleh SDM di lingkungan PPs FIAI UII.

Bapak Yusdani mengatakan, Nilai-nilai islam sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap kinerja SDM di sebuah lembaga pendidikan, baik itu Tenaga Kependidikan (Tendik) maupun Dosen dalam melayani mahasiswa, stakeholder dan juga masyarakat sekitar. Karena UII sendiri memiliki Catur Dharma yang mencakup pengajaran, penelitian, pengabidan masyarakat dan dakwah islamiah yang semua itu mengarah kepada tujuan besar yaitu Islam Rahmatan lil ‘Alamin.

Selanjutnya Bapak Yusdani mengatakan, Perubahan masayarakat yang sangat cepat mengakibatkan nilai-nilai ke-islaman juga mengalami perubahan yang sangat cepat pula, dan ini harus disikapi oleh SDM kita dengan meng-Update nilai-nilai tersebut sesuai dengan perubahan zaman, jangan sampai kita kehilangannya.

Sementara Bapak Ilya Fadjar Maharika mengemukakan, Perkembangan Teknologi Informasi yang begitu cepat sangat besar dalam memberikan pengaruh nilai-nilai islam di masyarakat. Dan perubahan ini sudah tidak terbendung lagi. UII sebagai lembaga pendidkan tinggi bernuansa islam harus mampu menjaga nilai-nilai islam dan dapat selalu melihat segala perubahan kehidupan masyarakat dalam mewujudkan Visi dan Misi nya dan semua itu akan dapat bersinergi apabila didukung oleh SDM yang memiliki nilai-nilai Islam.