FGD Penyusunan Silabus dan RPS

Pada Hari Senin, 19 Agustus 2019 Prodi MIAI dan Prodi DHI Fakultas Ilmu Agama Islam Unversitas Islam Indonesia (FIAI UII) mengadakan acara Forum Group Discussion (FGD) Penyusunan Silabi dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang berpatokan kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Acara ini menghadirkan nara sumber Dr Jaka Nugraha SSi, MSi, Beliau adalah Direktur Pengembangan UII dengan mengundang peserta seluruh dosen Homebase Prodi MIAI dan DHI dan Dewan Akademik PPs FIAI UII.

Ibu Dr. Junanah, MIS Ketua Prodi MIAI mengatakan adanya perubahan di dalam kurikulum perguruan tinggi adalah sebuah kegiatan rutin yang harus dilakukan, dikarenakan respon terhadap perkembangan jaman selalu diikuti oleh perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) (scientific vision), kebutuhan pengguna lulusan (stakeholder need) dan kebutuhan masyarakat (societal need).

Ibu Junanah juga mengatakan permasalahan yang sering di hadapi dalam komunitas akademisi khususnya Perguruan Tinggi  adalah cara pemahaman dan bagaimana cara menyusun kurikulum yang beragam di dalam program studi sejenis maupun diantara perguruan tinggi. Pengajar perguruan tinggi memerlukan cara pembelajaran yang efektif dan efisien dan ini memerlukan kesiapan pendukung di depan kelas.Silabus dan RPS disusun sebagai bahan ajar bagi pengajar dan sebagai pedoman bagi mahasiswa dalam proses pembelajaran.

Selanjutnya Bapak Dr Drs Yusdani, MAg, Ketua Prodi DHI mengemukakan FGD ini adalah konsekuensi dalam berpatokan kepada kurikulum berbasis KKNI. Masalah yang timbul adalah bagaimana merubah budaya tenaga dosen yang sudah terstruktur. dalam konsep RPS, semua harus jelas dan kongkrit kompetensinya. Oleh karena itu lulusan dapat sesuai dengan rencana awal..