3 Seri “Bedah Buku” Peroleh HAKI

Prodi MIAI dan Prodi DHI menambah perolehan HAKI Buku dalam tiga seri bedah buku yang telah dilaksanakan beberapa pekan yang lalu.

HAKI adalah bentuk apresiasi yang diberikan oleh negara atas olah pikir yang bersifat ogininal, dan tidak melakukan penjiplakan. Poin terpenting seorang penulis ketika menulis buku tidak melakukan penjiplakan. Isi tulisan harus berdasarkan ide, gagasan dan bahasa tulisan yang masih asli. Jika memang terpaksa mengutip, mengkopi, maka wajib mencantumkan sumber.

HAKI terbagi menjadi dua bagian. Pertama sebagai hak kekayaan industri yang melingkupi hak paten, merek, layout design, desain industri, rahasia dagang, penanggulangan kecurangan dalam petisi dan sebagai perlindungan variatas tanaman. HAKI bagian kedua yang lebih sering kita kenal sebagai hak cipta (copyrights), yang sering diberikan oleh seorang penulis buku, pekerja perfilman dan dunia seni lukis, foto dan masih banyak lagi. Tujuan dari apresiasi HAKI tidak lain sebagai langkah melindungi karya. Setidaknya dalam buku, setiap penulis dituntut untuk memiliki gagasan yang berbeda dari para penulis lain, agar dapat mendapatkan kekayaan intelektual.

Berikut tiga buku tersebut;

  • Seri bedah buku 1 berjudul “Epistemologi Ekonomi Islam Telaah Atas Pemikiran Abbas Mirakhor”. Penulis Dr. Drs. Yusdani, M.Ag (Dosen dan Ketua Prodi DHI FIAI UII) dan Imam Khoiri, S.Ag., ME. (Penulis dan Peniliti Tesis FIAI UII). No HAKI EC00202022895. Detail Acara klik, Video Acara klik.
  • Seri bedah buku 2 berjudul “Fikih Kebebasan Beragama Telaah Atas Pemikiran Abdullah Saeed”. Penulis Dr. Drs. Yusdani, M.Ag (Dosen dan Ketua Prodi DHI FIAI UII) dan Eva Fadhilah,S.H., M.H. (Penulis dan Peneliti Tesis FIAI UII). No HAKI EC0020202289. Detail Acara klik, Video Acara klik.
  • Seri bedah buku 3 berjudul “Nilai-Nilai Pendidikan Humanis Dalam Pemikiran Soedjatmoko Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam Di Perguruan Tinggi”. Penulis Dr. Hujair AH Sanaky,MSI (Dosen Prodi MIAI FIAI UII) dan Khoirun Nisa (Penulis dan Peneliti Tesis FIAI UII). No HAKI EC00202022898. Detail Acara klik, Video Acara klik.

Dengan ini semakin menambah perolehan HAKI yang dimiliki oleh dosen atau peneliti dari Prodi MIAI dan Prodi DHI FIAI UII.

Perolehan sebelumnya tahun 2019 klik dan tahun 2020 klik.

الحمد لله رب العالمين