Tim Asesor BAN-PT Lakukan Visitasi Re-Akreditasi ke PPs FIAI UII

0
117

Pada hari Jum’at-Ahad tanggal 5-7 Mei 2017 Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) lakukan visitasi ke Program Pascasarjana Magister Ilmu Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia dalam rangka pelaksanaan asesmen lapangan. Kehadiran tim merupakan tindak lanjut pengajuan borang Akreditasi Program Studi (AIPT) yang telah diajukan beberapa waktu lalu. Tim Asesor ini terdiri dari dua orang, yakni Dr. M. Samsul Hady, M.Ag (UIN Malang) dan Dr. Shodiq Abdullah, M.Ag (UIN Semarang)

Kegiatan ini diawali dengan acara pembukaan yang dihadiri oleh Rektor UII (Nandang Sutrisno, SH., LLM., M.Hum., Ph.D), Wakil Rektor I UII ( Dr. Ing. Ilya Fajar Maharika, MA., IAI), Dekan FIAI UII (Dr. Tamyiz Mukharrom, MA), Wakil Dekan FIAI (Dra. Sri Haningsih, M.Ag), Kepala BPM UII (Kariyam, M.Si), Ketua Program MIAI (Dr. Hujair AH Sanaky, MSI), Sekretaris Program MIAI (Dr. Yusdani, M.Ag), Dewan Dosen, Alumni, Mahasiswa dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Rektor UII Nandang Sutrisno, SH., LLM., M.Hum., Ph.D menyampaikan bahwa UII berkomitmen dalam penjaminan kualitas secara menyeluruh. Hal ini dibuktikan dengan usaha pembentukan Badadan Pengendalian Mutu (BPM) UII yang berdiri sejak tahun 1998.

Asesor Dr. M. Samsul Hady, M.Ag. mengungkapkan bahwa assesment telah melewati satu tahap, yakni membaca dan menilai borang yang telah disusun hingga sampai pada kesimpulan untuk melakukan visitasi sebagai upaya konfirmasi untuk melihat Kualiatas Prodi. “Quality adalah harga mati karena merupakan Word View Dunia”, ungkapnya. “Sehingga tidak mengherankan kalau untuk menyelaraskan kebutuhan masyarakat, bisa saja pemerintah buka tutup prodi yang tidak berkualitas” tambahnya.

Selesai pembukaan, acara dilanjutkan dengan visitasi yang meliputi: observasi, klarifikasi, dan konfirmasi data borang. Dari 148 point penilaian hanya terdapat 19 point yang perlu diverifikasi kebenaran datanya.

Dengan adanya visitasi ini semua berharap akreditasi A dapat dipertahankan oleh Prodi Magister dan dapat menjadi motivasi bagi PPs FIAI UII agar menjadi yang terbaik dan menginspirasi prodi magister lainnya.