Tuesday, December 12, 2017

Ind Eng Ar

Sarana dan Prasarana

A. Kampus

Kampus PPs MIAI FIAI UII terletak di Jl. Demangan Baru No. 24, lantai 2, yang merupakan gedung UII. Lokasinya cukup kondusif karena jauh dari kebisingan kota tapi mudah dijangkau. Fasilitasnya adalah ruang untuk seminar, perpustakaan, dan kelas dengan standar ruang ber AC berkualitas. Instruksi diadakan di empat ruangan, yang nyaman. Setiap ruangan dilengkapi dengan meja dan kursi, papan tulis bergerak dan overhead proyektor. Peralatan tersebut dalam kondisi baik. Jika diperlukan pada gilirannya, kamar tersebut dilengkapi dengan proyektor video, TV, LCD dan Notebook. Berdasarkan frekuensi ceramah dan peserta untuk setiap sesi, peralatan dan ukuran ruangan tersebut representatif dan memadai.

B. Perpustakaan

Perpustakaan menyimpan berbagai koleksi buku, referensi, publikasi khusus, dan karya lainnya. Baru-baru ini, ada 3183 judul buku dan referensi dengan 8340 eksemplar; 51 jurnal ilmiah dengan 125 eksemplar; 43 kamus dan ensiklopedi; 17 CD perpustakaan elektronik; dan 444 tesis dan desertasi.

Perpustakaan telah membangun jaringan eksternal dengan perpustakaan lain di sekitar Yogyakarta. Secara internal, ia memiliki jaringan perpustakaan fakultas dan perpustakaan UII. Untuk mendukung jaringan kedua perpustakaan internal, PPs MIAI FIAI UII memanfaatkan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan (SIMPUS), dimana para siswa dapat mengakses informasi melalui komputer yang tersedia di ruang perpustakaan.
Sebagai perencanaan strategis untuk meningkatkan fasilitas perpustakaan, PPs MIAI FIAI UII telah mengalokasikan 10% anggaran untuk pengembangan perpustakaan. Perpustakaan tidak hanya untuk siswa PPs MIAI FIAI UII, tapi juga bagi mereka yang berasal dari institusi lain di bidang yang sama.

Anggaran tersebut digunakan untuk menambah koleksi buku, majalah, makalah seminar, temuan penelitian, dan karya ilmiah dosen yang bisa dijadikan referensi representatif dan berkualitas.

Jenis dan jumlah koleksi perpustakaan diperlukan berdasarkan:

  • Kebutuhan pengembangan sains dan pengetahuan sesuai dengan empat program studi yang ada di PPs MIAI FIAI UII;
  • proposal mahasiswa atau dosen;
  • informasi penerbit (katalog publikasi) dan pihak lain (agen) tentang koleksi yang dipilih.
  • Cara lain untuk meningkatkan koleksi perpustakaan adalah melalui:
  • Kertas dan proses seminar Xeroxing sesuai dengan empat konsentrasi;
  • bertukar jurnal ilmiah dengan institusi lain;
  • Mendapatkan sumbangan buku dari negara lain;
  • Mendapatkan buku dari Departemen Agama.

Dengan banyaknya dan update kebijakan di atas, kecukupan dan kecukupan koleksi perpustakaan selalu terkendali. Setiap judul memiliki empat eksemplar dengan maksimum 10 hari pinjaman. Melalui peraturan dan kebijakan ini, setiap siswa dan anggota perpustakaan dapat memiliki layanan saticfactory.

Untuk kenyamanan, ruangan ini dilengkapi dengan AC (AC), fasilitas internet yang bisa mengakses informasi dari berbagai sumber.

C. Laboratorium

Laboratorium PPs MIAI FIAI UII yaitu (1) laboratorium “syari’ah bank” untuk konsentrasi Ekonomi Islam dan (2) “sekolah” untuk konsentrasi Pendidikan Islam. Sampai dengan tahun ke 8 berdirinya, Laboratorium PPs MIAI FIAI UII yaitu (1) laboratorium “syari’ah bank” untuk konsentrasi Ekonomi Islam dan (2) “sekolah” untuk konsentrasi Pendidikan Islam. Sampai dengan tahun ke 8 berdirinya, MSI-UII memiliki laboratorium ekonomi Islam, yaitu Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Lembaga ini dimiliki oleh alumni PPs MIAI FIAI UII yang bersedia menyediakan institusinya untuk menjadi laboratorium Ekonomi Islam. Pada bulan Juli 2005, PPs MIAI FIAI UII telah mencapai sebuah nota kesepakatan dengan beberapa bank Kredit Syari’ah, di mana PPs MIAI FIAI UII sebagai pelopor dan komisaris. Bank-bank tersebut juga menjadi laboratorium Ekonomi Islam PPs MIAI FIAI UII.

Di sisi lain, PPs MIAI FIAI UII juga diundang untuk bekerjasama dengan LSM untuk membentuk Lembaga Bantuan BMT (yaitu: Sinergi Muamalat Indonesia), yang dirancang untuk berperan sebagai Bank Indonesia bagi bank konvensional. Lembaga ini tidak hanya sebagai Bank Indonesia, tapi juga sebagai Badan Pemantau Syariah. Artinya, dewan akan secara aktif melakukan survei dan pemantauan produk yang dikembangkan oleh lembaga kredit mikro syari’ah (BMT) di seantero Indonesia.

Untuk konsentrasi pendidikan Islam, PPs MIAI FIAI UII menggunakan sebuah sekolah yang disediakan oleh UII sebagai laboratoriumnya, yaitu SMA UII. Mahasiswa program studi pendidikan Islam juga menggunakan sekolah tersebut. Telah dilengkapi fasilitas yang memadai. Untuk pengembangan bahasa, PPs MIAI FIAI UII dapat menggunakan laboratorium bahasa (bahasa Arab dan bahasa Inggris) dengan standar yang memenuhi syarat

D. Website
Pendiriannya didasarkan pada kebutuhan informasi untuk memperluas jaringan internasionalnya melalui teknologi informasi. Di dalam website, ada forum diskusi yang dipandu oleh dosen MSI-UII dan sebuah forum intelektual. Siswa di forum bisa jadi sebagai penulis kertas dan dosen diminta agar murid mereka bisa mempublikasikan tulisan akhir siswa di website master.islamic.uii.ac.id

E . Jurnal “Millah”
The journal has a function to facilitate students in their scientific work publication. It has been published since 2000 and been respectively accredited A in the year of 2000 and 2003.

F. Alumni Association
Each alumna will automatically become a member of alumni family of UII. This assocaiation is not a part of UII’s management, but it is an independent organization. However, the activities are oriented to assist the development of UII pursuant to the principles of its establishment. Therefore, the assocaiation has been put in the Statute of UII Article 21 stated that “Organisation and activities around university arranged together with the association. Based on the statute, university decides to have Vice Rector III and Vice III concerning students and alumni.
Specifically, MSI-UII publishes Bulletin “Safiria” in order to bridge communication between MSI-UII and alumni. Furthermore, the bulletin is to build an intense interaction among MSI-UII, students and alumni through asking their paper or article, distributing bulletin to students and alumni.
In a certain period, MSI-UII in its visiting to some provinces attempts to socialize the program, to meet the alumni obtaining information about the alumni, and to discuss strategis planning for MSI-UII development. From the strategy, an alumni development group is able to socialize the program effectively. The fact is that some recommendation of students for study in MSI-UII comes from alumni.