Kuliah Umum dan Orientasi Akademik MABA 2016/2017

0
176

YOGYAKARTA, Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia menggelar Kuliah Umum dan Orientasi Akademik bagi Mahasiswa baru tahun akademik 2016-2017 pada Sabtu (17/9/2016), di Ruang Seminar PPs FIAI UII. Pada acara ini hadir sebagai pembicara adalah Purna Tugas Direktur PAIS Kemenag RI, Dr. Amin Haedari, M.Pd.

Kuliah Umum yang bertemakan “Tanggungjawab Moral dan Sosial dalam Gelar Akademik” ini dihadiri oleh 86 Mahasiswa Baru Semester Ganjil Tahun Akademik 2016-2017.

Mulai tahun ini, lulusan Perguruan Tinggi Agama di bawah Kementerian Agama akan menyandang gelar kesarjanaan yang berbeda dari sebelumnya. Jika mahasiswa Magister jurusan pendidikan Islam selesai menempuh studi, tidak akan ada lagi tertulis gelar di Ijazah berupa M. Pd.I namun cukup menjadi M. Pd. Hal ini berarti gelar yang dipakai Master  pendidikan persis sama seperti gelar lulusan pendidian umum lainnya yang berasal dari universitas, atau institut keguruan umum.

Tidak hanya jurusan Pendidikan saja yang berubah namun semua jurusan yang ada di perguruan tinggi Agama mengalami perubahan gelar akademik. Perubahan ini berdasar dikeluarkann Peraturan Menteri Agama atau yang dikenal dengam singkatan PMA bernomor 33 Tahun 2016. PMA ini berisi Tentang Gelar Akademik Perguruan Tinggi Keagamaan. Dengan berlakunya PMA Nomor 33 Tahun 2016, ini maka gelar akademik yang berhak disandang oleh mahasiswa setelah menyelesikan studi maka penulisannya wajib menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidahnya.

Dengan demikian kiranya jelas, sesungguhnya penyandang Gelar Akademik bukanlah orang sembarangan dan bukan sembarangan orang. Kepadanya dituntut untuk tersedia kapasitas kognitif tingkat tinggi serta memiliki tanggung jawab yang tidak hanya pada dirinya dan lingkungan dimana dia berada, tetapi juga memikul tanggung jawab yang hakiki yaitu kepada Sang Khalik

Wisuda merupakan kegiatan akhir dalam tradisi akademik, mengandung makna melekatnya tanggung jawab gelar akademik yang disandang sebagai pengakuan atas bidang keilmuan.

PPs FIAI UII menjadikan tema tanggung jawab moral dan sosial dalam Gelar Akademik dalam kuliah umum tahun akademik 2016/2017 ini sebagai salah satu dari upaya membekali dan mengingatkan akan tanggung jawab moral dan sosial dalam Gelar Akademik yang disandangnya.