Magister Studi Islam UII

You are here: Home arrow News & Agenda arrow Judul Tesis Pendidikan Islam MSI UII
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Judul Tesis Pendidikan Islam MSI UII | Print |
Saturday, 21 May 2011
ImageBerikut adalah Judul Tesis Pendidikan Islam MSI UII. Untuk abstrak dapat dilihat di-search melalui www.rac.uii.ac.id.

 

NO

JUDUL TESIS

NAMA

1

DINAMIKA PESANTREN RASYIDIYAH KHALIDIYAH DI AMUNTAI KALIMANTAN SELATAN TAHUN 1980-2000

Drs. Murdan, M.Ag.

2

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEIMANAN DALAM SURAT AL-IKLAS TERHADAP PENDIDIKAN KEIMANAN PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI LINGKUNGAN KELUARGA

AAM Muhammad Amin, S.Ag., M.Ag.

3

PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi tentang Profesionalitas Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Umum Negeri se-Kabupaten Tasikmalaya)

Drs. H. Zainal Musthafa, M.Ag.

4

MORALITAS ISLAM DALAM PENDIDIKAN SISTEM GANDA DI SEKOLAH KEJURUAN (Studi Kasus Beberapa Sekolah Kejuruan di YPS Tasikmalaya)

Drs. Lukman Hakim, M.Ag

5

MORALITAS PENDIDIKAN PESANTREN (Studi Tentang Pandangan Hidup Santri Di Pondok Pesantren Cipasung)

Drs . H  Mansur, M.Ag.

6

PEMIKIRAN PENDIDIKAN RASYID RIDA DAN K.H. AHMAD DAHLAN (Studi Perbandingan Pemikiran Pendidikan Islam)

Danial Abdul Holik, S.Ag. M.Ag

7

PENDIDIKAN ISLAM MASA ORDE BARU (Studi terhadap Kurikulum Madrasah)

Wahidah, M.Ag.

8

PELAKSANAAN SISTEM PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH DI WILAYAH KECAMATAN CEBEUREUM KABUPATEN TASIKMALAYA

Drs  Dodo Murtado, M.Ag.

9

PERANAN MADRASAH TSANAWIYAH DALAM PELAKSANAAN WAJIB BELAJAR PENDIDIKAN DASAR 9 TAHUN DI KECAMATAN CIEUBEREUM TASIKMALAYA

Drs . Dudung Abdus Salam, M.Ag

10

KEBIJAKAN PENDIDIKAN AL-MA'MUN TERHADAP KEMAJUAN ILMU PENGETAHUAN

Munjahid, S.Ag., M.Ag.

11

KONSEP PENDIDIKAN SYEIKH AZ-ZARNUJI (Telaah Filsafat Pendidikan)

Dra. Aminah, M.Ag.

12

MODEL PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN STUDI MANAJEMEN PONDOK PESANTREN DARULULUM BANYUANYAR

Zainuddin Syarif, S.Ag., M.Ag

13

KONSEP MOHAMMAD NATSIR TENTANG MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA (Studi Analisis Historis)

Ade Sofa, S.Ag., M.Ag.

14

BUDAYA KERJA MASYARAKAT KAILI DAN PENGARUHNYA TERHADAP  PERKEMBANGAN  PENDIDIKAN   DI KOTAMADYA PALU PROVINSI SULAWESI TENGAH.

Jumri Hi.Tahang, S.Ag., M.Ag.

15

PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI LOMBOK (Telaah Terhadap Gerakan dan Pemikiran Tuan Guru Kiai Hamzanwadi 1934-1997)

Faturrahman Muhtar, S.S., M.Ag

16

KONSEP PENDIDIKAN ETIKA MENURUT AL-GAZALI DAN PLATO (Studi Perbandingan)

Drs.. HM. Athoullah Ahmad, M.A.g.

17

MODEL PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA ( Penelitian di Desa Croyom, Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya)

Drs. Ading Abd. Kodir, M.Ag

18

KONSEP ULUL ALBAB DALAM AL-QUR’AN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN (Telaah Tujuan, Materi Kurikulum dan Metode Pendidikan)

Drs. H. Abu Amar., M.Ag.

19

PRINSIP-PRINSIP FILOSOFIS KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (Telaah atas Pemikiran Isma’il Raji al-Faruqi)

Abdurrahmansyah, S.Ag., M.Ag

20

UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR BIDANG STUDI PAI PADA SISWA MADRASAH ALIYAH YANG BERASAL DARI SLTP UMUM MELALUI BIMBINGAN BELAJAR KEAGAMAAN (Penelitian Di MAN Awipari Tasikmala)

Drs. H. Muhsin An-Syadili M.Ag.

21

REKONTRUKSI KONSEP DASAR ILMU UPAYA MENGINTEGRASIKAN ILMU DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Suatu Telaah Epistemologi)

St. Rahmah, S.Ag.., M.A.G

22

KONSEP FITRAH DALAM PENDIDIKAN ISLAM DAN PROGRESSIFISME JOHN DEWEY

Muis Sad Iman, S.Ag., M.Ag

23

KONSEP PRENATAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Muyassarah, S.Ag., M.Ag.

24

KONSEP PENDIDIKAN MENURUT AL-GHAZALI DALAM PERSPEKTIF PROGRESSIFISME

Nur Asiyah, S.Ag., M.Ag.

25

HASAN AL-BANNA DAN GERAKAN AL-IKHWAN AL-MUSLIMUN ( Telaah terhadap Pemikiran dan Praktik Pendidikan Hasan Al-Banna)

Kasinyo Harto, S.Ag., M.Ag.

26

KONSEP PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP (Perspektif Filsafat Pendidikan Islam)

Evi Masyithah, S.Ag. M.Ag

27

KONSEP AL-AKHLAQ AL-FARDIYYAH DALAM AL-QUR’AN (Suatu Kajian Tematik)

Saleh Hasan, S.Ag., M.Ag.

28

PELAKSANAAN GERAKAN PEMAHAMAN PENGAMALAN ISI KANDUNGAN AL-QUR’AN BAGI UMAT ISLAM PADA INSTANSI PEMERINTAH DI KECAMATAN SLEMAN KABUPATEN SLEMAN.

Drs. Sudarto., M.Ag.

29

ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MENGAJAR (Studi Kasus di Dayah Modern Bustanul ‘Ulum Langsa Aceh Timur)

Qarnain Musra, S.Ag., M.Ag.

30

PSIKOLOGI TRANSPERSONAL, Suatu Perspektif tentang Dimensi Spiritual Manusia dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam

Dra. Robingatin, M.Ag.

31

REHABILITASI PENYAKIT SOSIAL DENGAN METODOLOGI PENERAPAN ENERGI AL-QUR’AN

Drs. H. M. Ray Akbar, MBA., M.Ag.

32

KONSEP MANUSIA MENURUT BINT ASYAATI’ DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN

Asikin Nor, S.Ag., M.Ag.

33

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONFIGURASI PEMIKIRAN PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA

Junaidi, S.Ag., M.Ag.

34

HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMU NEGERI I CILEGON

Raunaqoh, M.Ag.

35

METODE PEMBELAJARAN MENURUT AL-ZARNUJI (Telaah terhadap Progressivisme)

Muhamad Slamet Yahya, S.Ag., M.Ag.

36

MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM PADA PONDOK PESANTREN SUNAN PANDANARAN KABUPATEN SLEMAN

Dra. Cholisoh Chamim, M.Ag

37

ANALISIS KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH UMUM TAHUN 1994 (Pendekatan Filosofis Paedagogis)

Muzakir Walad, S.Ag., M.Ag.

38

KONSEP PENDIDIKAN MENURUT AHMAD SURKATI (Suatu Upaya Rekonstruksi Pendidikan Islam)

Drs. H. Sarkati, M.Ag.

39

POLA PENGAWASAN PELAKSANAAN PROGRAM WAJIB BELAJAR PENDIDIKAN DASAR 9 TAHUN PADA PONDOK PESANTREN SALAFIYAH (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya)

Drs. H. Anwar Rahmatillah, M.Ag.

40

AKTUALISASI KONSEP DASAR PENDIDIKAN ISLAM (Suatu Tinjauan Filsafat Pendidikan Islam)

Drs. Abd. Rahman, M.Ag.

41

KONSEP BELAJAR MENURUT AL QUR’AN (Pendektan Tafsir Tematik)

Drs. H. Anhar  Ansyori, M.Ag

42

Sikap Mahasiswa Menangani Penyelenggraan Pendidikan Agama Universitas Negeri Yogyakarta

Mohammad Zaim

43

PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus Tentang Dinamika Sistem Pendidikan di Lingkungan Pondok Pesantren Mu’alimin)

Suharnis, S.Ag, M.Ag.

44

REKONSTRUKSI DIALOG DAN HUBUNGAN ISLAM-KRISTEN DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENDIDIKAN

Drs. Sarbini, M.Th., M.Ag.

45

PERJUANGAN MASYUMI MENGHADAPI KOMUNISME PADA ERA LIBERAL (1950-1957) (Suatu Kjian Pendidikan Politik)

Samsuri, S.Pd., M.Ag.

46

PROFESIONALITAS GURU DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

Drs. Abdul Rouf, MSI

47

REORIENTASI PEMAHAMAN SANTRI TERHADAP FILSAFAT (Kajian Secara Ideologis bagi Santri Pondok Pesantren di Kecamatan Singaparna dan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya)

Drs. Suryana, M.Ag.

48

Konsep dasar Pendidikan menurut Imam Al Ghazali (Pendekatan Psikologi)

I. Solihin

49

KONSEP TAKLIF DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM Pendekatan Psikologis

Fadlullah, M.Ag.

50

REPOSISI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL (Telaah Undang-undang Nomor 2 Tahun 1989)

Drs. H. Rodani, M.Ag.

51

PEMAHAMAN TERHADAP POLIGAMI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus di Kabupaten Serang)

Dra. Eni Nur’aini, MSI

52

PENGARUH SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN KONTAK MEDIA TV TERHADAP PENYIMPANGAN PERILAKU REMAJA (Survai pada Siswa SMU Negeri  1 Serang )

Drs. H. Muhammad Nur Syam’un, MSI

53

PENGARUH PERAN GANDA DAN RELIGIUSITAS IBU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN ANAK ( Survei pada Siswa SD Islam Al-Azhar Serang Banten )

Dra. Hj. Eti Fatiroh, MSI

54

DINAMIKA SISTEM PENDIDIKAN PERGURUAN ISLAM AL-KHAIRIYAH PUSAT (Kajian Kritis terhadap VISI, MISI dan Tujuan Pendidikan)

M. Sobri Fayumi, Lc., MSI

55

PERAN MAHASISWA ISLAM PATANI ALUMNI INDONESIA TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI PATANI, THAILAND SELATAN

Mr. Sakareeya Salae, S.Ag., MSI

56

STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PENGEMBANGAN KUALITAS KEBERAGAMAAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS NEGERI SULTAN AGENG TIRTAYASA (UNTIRTA) BANTEN

Nanah Sujanah, S.Ag., MSI

57

PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM MENUJU MASYARAKAT MADANI INDONESIA (Tinjauan Sosial-kultural Historis)

Drs. Hujair AH Sanaky, MSI

58

PERANAN SUAMI DALAM PENDIDIKAN ISTRI (Upaya Pemberdayaan Perempuan di Desa Pontang)

Boti Murda’ah Musa,   Lc., MSI

59

KONSEP PENDIDIKAN AKHLAQ MENURUT IBNU MASKAWAIH (Telaah Filsafat Pendidikan)

Wahid Arbani, S.Ag., MSI

60

EPISTIMOLOGI IBNU KHALDUN DAN RENE DESCARTES RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Komperatif Filosofis)

Nur Zaidi Salim, S.Ag., MSI

61

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAQ SISWA DI SMK KABUPATEN WONOGIRI (Telaah Psikologi Pendidikan)

Drs. Yazid, MSI

62

PENGARUH SALAT BERJAMA’AH TERHADAP BUDI PEKERTI ANAK-ANAK DI LINGKUNGAN MASJID-MASJID DI KECAMATAN LAWEYAN SURAKARTA TAHUN 2002

Drs. Saebani, M.Ag.

63

PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN MADRASAH : Kajian atas Profesionalitas Guru dalam Proses Pembelajaran pada Madrasah Aliyah Negeri I Mataram Nusa Tenggara Barat

Syaiful Hamsi, S.Ag., MSI

64

SISTEM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MA’HAD DARUSSALAM YALA, THAILAND

Abduraheem Mahyeetae, S.Ag., MSI

65

KONSEP FITRAH DALAM AL-QUR’AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN

Drs. Muh. Shodiq, M.Ag.

66

REKONSTRUKSI SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN (Studi di PP. Al-Munawir Krapyak Yogyakarta)

Khojir, S.Ag., MSI

67

PROSPEK SISTEM PENDIDIKAN MADRASAH MODEL (Studi Lapangan pada Min dan Mts Model di Kabupaten Pandeglang/Propinsi Banten)

Drs. Sahlan, MSI

68

PERANAN IBU PADA PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Dra. Zakiah Umar, M.Ag.

69

TEORI FITRAH PERSPEKTIF IBNU KHOLDUN

Drs. Sunarno, S.Ag., MSI

70

ORIENTASI PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMU NEGERI SE KABUPATEN WONOGIRI

Drs. Subadi, MSI

71

EVALUASI PROGRAM MAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Drs. Darwis, MSI

72

PENGARUH MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA TERHADAP KEMAMPUAAN MEMBACA AL-QUR’AN (Survai pada Siswa SMU Negeri Kabupaten Serang Propinsi Banten)

H. Ubaidillah, S.Ag., MSI

73

Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Kabupaten Magetan Jawa Timur (Studi Kasus SMU Negeri Parang Magetan)

Zainal Arifin

74

PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ISLAMI (Studi Tafsir Tematik)

Asmarani Nasution, S.Ag., MSI

75

AKTIVITAS IBADAH SALAT SISWA SEKOLAH MENENGAH UMUM NEGERI KABUPATEN SRAGEN

Drs. Safrudin, MSI

76

KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA DALAM ISLAM (Pendekatan Psikologis)

Drs. H. Arifuddin, M.Ag.

77

PONDOK PESANTREN DAN PERSAMAAN IJAZAH (Studi Penyetaraan Ijasah di Pondok Pesantren Gontor Ponorogo)

Ratna Untari, S.Ag., MSI

78

GENDER DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Analisis Terhadap Kesejahteraan Hak)

Drs. Suyono M. Musyafa, MSI

79

KONSEP HUKUMAN DALAM PENDIDIKAN PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Drs. Shuyadi, MSI

80

KONSEP GURU DAN MURID: TELAAH ATAS PEMIKIRAN AL-ZARNUJI DAN PAULO FREIRE (Analisis Komparatif)

Dewi  Sri  Suryani,S.Ag., MSI

81

MODEL PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK AL-QUR’AN DI KOTA SERANG (Studi di TKA at-Tholab STIA Serang)

Drs. Kholid S., MSI

82

STUDI KOMPETENSI GURU SEBELUM DAN SESUDAH MENGIKUTI PROGRAM PENDIDIKAN GURU KELAS (D-2) HUBUNGANNYA DENGAN KEMAMPUAN MENGAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) SE KABUPATEN BREBES

Drs. Basyori, MSI

83

KONSEP KELUARGA DALAM AL-QUR’AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN (Pendekatan Tematik)

Drs. Mantep Miharso, MSI

84

TAUHID PEMBEBASAN SEBAGAI PARADIGMA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Terhadap Pemikiran Sayyid Quthb)

Komaruddin, S.Ag., MSI

85

KONSEP PENDIDIKAN AKHLAQ ANAK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN SURAT LUQMAN AYAT 12 – 19 DENGAN PENDEKATAN HERMENEUTIKA

Drs. Muhammad Suwardi, MSI

86

PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI PARADIGMA PENDIDIKAN (Studi Pendekatan Progressivisme)

Arsinah, S.Ag., MSI

87

PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF KESETARAAN JENDER

Sutopo, SH., MSI

88

PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Kasus di MI Islamiyah Madiun)

Drs. Mudib, MSI

89

KONSEP PENDIDIKAN MENURUT HASAN LANGGULUNG (Tinjauan Epistimologi)

Ahmad Fadil, S.Ag., MSI

90

Rekontruksi Sistem Pendidikan Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Ma'hadut Tholabah Babakan Lebaksiu Tegal)

Bahrudin

91

PERANAN PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA SMK NEGERI I KOTA TEGAL

Drs. Abdul Muslich, MSI

92

Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Umum (SMU) Negeri 2 Solawi Kabupaten Tegal

Sriyatun

93

PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER: PROBLEM UTAMA, TANTANGAN DAN PROSPEK

Kholid Wijanarko, S.Ag., MSI

94

BATHORO KATONG DAN PENDIDIKAN DAKWAH ISLAMIYAH DI PONOROGO

Prajitno

95

PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Perilaku Keagamaan Siswa di SMUN I Garut)

Drs. Nurul Aen, Msi

96

PEMADUAN SISTEM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATAN mutu PENDIDIKAN (Studi Kasus di SMU Islam Pondok Pesantren Cipasung)

Drs. A. Bunyamin Ruhiat, MSI

97

PERAN STRATEGIS PONDOK PESANTREN SALAFIYAH DALAM MENDUKUNG TERLAKSANANYA WAJIB BELAJAR PENDIDIKAN DASAR SEMBILAN TAHUN DI KOTA TASIKMALAYA (Penelitian di Pondok Pesantren Pasir Bokor Mangkubumi Tasikamalaya)

Drs. Dadang Toha Muslim, MSI

98

KONSEP MERELEVANSIKAN NILAI-NILAI ISLAM DALAM BIDANG PENGAJARAN UMUM di Madrasah Al-khoiriyyah-Ciparay-Garut

Drs. Amad, MSI

99

MANAGEMEN PENDIDIKAN PESANTREN (Studi Kasus Terhadap Pengelolaan Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Huda al-Hasyimiyah Danawarih Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal)

Drs. Damhar Abudapes, MSI

100

PARADIGMA KEILMUAN PONDOK PESANTREN SALAFI DI KABUPATEN TEGAL

Drs. Badrodin, MSI

101

REFORMULASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI KONSEKWENSI BERLAKUNYA UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL (Tinjauan Konseptual)

Surohim

102

MANAGEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DI MAN BABAKAN LEBAKSIU TEGAL (Studi Kasus Keberhasilan Guru BK Yang Agamis Berdasar Perspektif Siswa)

Drs. Rohibin, MSI

103

PEMIKIRAN PENDIDIKAN MUHAMMAD ABDUH DAN MUHAMMADIYAH DALAM PENDIDIKAN NASIONAL (Telaah Komperatif Faktor-faktor Pendidikan)

Drs. Rasyidi Masyhur, MSI

104

UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA MTs. RADEN FATAH GROBOG WETAN, PANGKAH, TEGAL, YANG BERASAL DARI SD (Melalui Bimbingan Belajar Keagamaan)

Drs. Munawir Yusuf, MSI

105

TEORI PENETAPAN TAKLIF DAN AR-RUSYDU DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM

Drs. Dadang, MSI

106

PENERAPAN MANAJEMAN PENINGKATAN mutu BERBASIS SEKOLAH DI SMU NEGERI 1 BALAPULANG TEGAL

Drs., Sugiharto, MSI

107

Eksistensi Institut Agama Islam Banten dan Peranannya Terhadap Peningkatan Sumber Daya Manusia

Anisul Fuad

108

MANAJEMEN PENDIDIKAN TERPADU (Studi Kasus Madrasah Mu’allimin – Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta)

Nursal

109

KONSEP PENDIDIKAN KH. AHMAD DAHLAN

Joko Sarjono

110

PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM DI SMK 3  NEGERI MADIUN (Analisa Sistem dan Strategi)

Drs. Sugeng, MSI

111

PENGEMBANGAN KEHIDUPAN BERAGAMA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MODEL BABAKAN LEBAKSIU TEGAL

Drs. Jalaluddin, MSI

112

PROBLEMATIKA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LINGKUNGAN KELUARGA SOPIR ANGKUTAN KOTA JURUSAN KAWALU KOTA TASIKMALAYA

Hasan Sanusi

113

HARKAT MANUSIA MENURUT AL-QUR’AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN METODE PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Tafsir  Maudu’i/Tematik)

Mahmudin

114

ETIKA EDUKATIF YANG BERBASIS PADA  KOMPETENSI GURU (Dalam Perspektif Pendidikan Islam)

Nurjanah

115

MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA III (Studi tentang Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan)

Mukh. Nursikin

116

PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI PESANTREN PUTRI “AL  MAWADDAH” COPER JETIS PONOROGO STUDI TENTANG IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH

Zainun

117

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI ANTARA SISWA YANG BERASAL DARI SLTP DENGAN MTS DI SMK DARUSSALAM BALAPULANG KABUPATEN TEGAL

Drs. Bambang Hermanto, MSI

118

STUDI TENTANG FUNGSI KETELADANAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK (Kajian Ilmu Pendidikan Islam)

Munawaroh Hidayat

119

Al Qur'an dan Al Sunnah Sebagai Dasar Bagi Pengembangan Pendidikan Islam : Studi Kritis atas Pemikiran Islam al Ghazali dalam Kitab Ayyub al-Walad

H. A. Syaefuddin

120

Konsep Pendidikan Akhlak Fiolantropi Imam al-Ghazali ( Telaah Filsafat Pendidikan )

Hariyadi

121

ETOS KERJA GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN mutu SEKOLAH (Studi Kasus di SMK I Muhammadiyah Tegal)

Nurcholis Mustofa

122

Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Mengajar terhadap Disiplin mengajar Guru Sekolah Dasar Negeri di Desa Punung Kec. Punung Kab. Pacitan

Sumitro

123

PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN MORALITAS ANAK (Studi Analisis Kisah Ibrahim dan Isma’il dalam al-Qur’an al-Karim)

Dudu Rohman, S. Ag.

124

PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIIDKAN ISLAM DALAM PENGELOLAAN SMA NEGERI 1 PACITAN

Drs. Ngadinu

125

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENINGKATAN AKHLAQ SISWA (Studi Kasus Pembinaan Siswa SMP Negeri 2 Giriwoyo)

Kavinji, S. Pd

126

KAJIAN FILOSOFIS STUDI PERBANDINGAN ANTARA KONSEP TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL

Slamet Widodo, SE

127

POLA KOMUNIKASI DALAM KELUARGA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERILAKU AGRESIF ANAK

Ali Mahmudi

128

SISTEM PEMBINAAN AGAMA ISLAM BAGI NAPI MUSLIM DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN TASIKMALAYA

Ma’sum

129

STRATEGI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MODEL BABAKAN LEBAKSIU TEGAL

Drs. Imam Maskur

130

EFEKTIVITAS PEMBINAAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PROFESIONALISME GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 TEGAL

Dra. Ries Murdiani

131

KEPALA MADRASAH DAN PENINGKATAN mutu PENDIDIKAN DI TARBIYATUL MUALLIMIN ISLAMIYAH (TMI) PONDOK PESANTREN NGABAR PONOROGO

Soepono

132

STRATEGI PENINGKATAN mutu PENDIDIKAN DENGAN METODE PONDOK PESANTREN  (Studi Kritis Tentang Manajemen Modifikasi di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Kismantoro Wonogiri)

Supriyadi, S. Ag.

133

PROFESIONALITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KABUPATEN PACITAN JAWA TIMUR

Drs. Wakhuri

134

KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP WAJIB BELAJAR SEMBILAN TAHUN DI KECAMATAN CIOMAS KABUPATEN SERANG

N. Qibtiyah

135

PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI PUNUNG KABUPATEN PACITAN

Ali Murtadho, S. Pd

136

ZIKIR DAN FRUSTASI (Kajian Tafsir Mawdhu’iy)

M. Aqna Taklifi, S. Ag.

137

STRATEGI PEMBERDAYAAN PEDIDIKAN MADRASAH SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN UNGGULAN

Yaqutatun Hamroh, S. Pd. 

138

Peran Pendidikan Islam dalam Keluarga dalam membentuk perilaku keagaman siswa (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Baturetno kab. Wonogiri)

Zaenal Arifin

139

Peran Orang Tua dalam Pendidikan Agama Islam Kelas I di SMA Negeri Punung Kec. Punung Kab.Pacitan

Kateni

140

PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Ciamis)

Adang Sudrazat

141

HUBUNGAN PENDAPATAN TKW TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN KELUARGA DI DESA POLOREJO BABADAN PONOROGO (Telaah atas Hak dan Kewajiban Suami-istri dalam Perspektif Islam)

Suchamdi

142

WANITA KARIER DAN PERANANNYA DALAM PENDIDIKAN KELUARGA (Studi Kasus di Perumahan PT. Krakatau Steel Cilegon)

Ita Qonita

143

PENGARUH KITAB TA’LI MUTA’ALIM TERHADAP PERILAKU SANTRI DI PONDOK PESANTREN SAMPANG MADURA

Muhammad Wasil

144

MODEL PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN SURAT ALI IMRAN AYAT 159 (Studi Analisis Filsafat Pendidikan Islam)

Wasehudin

145

NILAI-NILAI PAEDAGOGIS YANG TERKANDUNG DALAM RISALAH KERASULAN MUHAMMAD S.A.W (Kajian Ilmu Pendidikan Islam)

Muhammad Shodiqin

146

PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP SIKAP MENTAL GURU

Siti Marfuah

147

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP GERAKAN ORANG TUA ASUH DALAM MENSUKSESKAN PENDIDIKAN DASAR SEMBILAN TAHUN

Ahmad Basuni

148

PENDIDIKAN ISLAM DAN PERUBAHAN SOSIAL  (Studi Kasus di Kota Cilegon)

Chusery RS

149

PENGARUH MOTIVASI SISWA MASUK MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMDIYAH TINATAR KECAMATAN PUNUNG, KABUPATEN PACITAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Sarikin

150

KEDUDUKAN FITRAH MANUSIA DAN IMPLIKASINYA DALAM PROSES PENDIDIKAN ANAK (Analisis Paedagogis terhadap QS. An-Rum:30)

Iwan Ridwan H.

151

DINAMIKA SISTEM PENDIDIKAN PERGURUAN ISLAM AL-KHAIRIYAH PUSAT (Kajian Kritis terhadap VISI, MISI dan Tujuan Pendidikan)

M. Sobri Fayumi, Lc., MSI

152

Sistem Evaluasi dalam Konsep Pendidikan Al-Ghazali

Achmad Machrus Muttaqin

153

Pendidikan Spiritual sebagai Metode Pendidikan Akhlak (Studi terhadap Latihan Spiritual Tarekat Qadariyyah Naqsabadiyyah Pondok Pesantren Suryalaya)

Nurhamzah CS

154

BIMBINGAN AGAMA ISLAM DALAM LINGKUNGAN KELUARGA PENGARUHNYA TERHADAP NILAI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMAN 2 PACITAN TAHUN 2004/2005

Siti Muhayaroh

155

PROBLEMATIKA PENGELOLAAN MADRASAH PASCA OTONOMI DAERAH TAHUN 1999 (Studi Kasus di Kabupaten Tasikmalaya)

Rohman

156

MANAJEMEN DAN GAYA KEPEMIMPINAN PONDOK PESANTREN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL ( Studi Kasus Tiga Pondok Pesantren di Tasikmalaya)

Drs. Enung, M.Ag.

157

STANDARISASI PENGAJARAN SHOLAT PADA ANAK (interpretasi Konseptual Pendidikan Anak Berdasasrkan Hadis)

Ahmad Arifai

158

Peran Guru dalam Pendidikan Budi Pekerti  Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Pacitan

Sukatno

159

KONSEP IQRA’ DALAM AL-QUR’AN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN (Studi Kasus Implimentasinya Iqra di Perpustakaan SMPN 1 Pacitan)

Imam Mahfud

160

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA NELAYAN (Kasus pada Masyarakat Nelayan Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan)

Supitoyo

161

FUNGSI MASJID DAN PEMBINAAN REMAJA DI KOTA CILEGON ( Studi Kasus tentang Manajemen Pendidikan)

Drs. Anis Fauzi, M.Ag.

162

PERAN KEPALA SEKOLAH PERSPEKTIF PENGEMBANGAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH

Santoso

163

PERANAN LEMBAGA PENGKAJIAN PENEGAKKAN DAN PENERAPAN SYARIAH ISLAM (LP3Syl) DALAM KEGIATAN PELATIHAN PEMBINA KELUARGA SAKINAH DI KECAMATAN BANYURESMI KABUPATEN GARUT

M. Rahmat

164

MODEL PEMBELAJARAN MA’HAD ALIY PESANTREN MIFTAHUL HUDA (Analisis Metode Tarbiyatul-ummah bagi Santri Ma’had Aliy pada Pesantren Miftahul Huda Manonjaya Tasikmlaya)

Rosikin

165

GURINDAM DUA BELAS DAN MASYARAKAT PULAU PENYENGAT – KEPULAUAN RIAU (Kajian terhadap Nilai-nilai Pendidikan Islam)

Mulyadi

166

PEMBELAJARAN TAMAN KANAK-KANAK  (Studi Kasus di TK al-Qur’an Hajar Aswad Pacitan)

Dewi Fatimah

167

PENERAPAN MANAJEMEN PENINGKATAN mutu PENDIDIKAN DENGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (MPMP-KBK) DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI I WONOGIRI

Mujiyono

168

PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN SIKAP KEBERAGAMAAN SISWA (Studi Kasus Pembinaan Siswa SMU Negeri Kabupaten Wonogiri)

Rochmat

169

PENDIDIKAN KELUARGA MUSLIM (Studi Kasus di Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan)

Robbayani

170

MANAJEMEN PENINGKATAN mutu PENDIDIKAN PADA ERA OTONOMI (Studi Kasus di Madrasah Tsnawiyah Negeri Pacitan)

Guntar Suyanto

171

SISTEMATIKA TEOLOGI AHLU SUNNAH WA AL-JAM’AH DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Habibuddin

172

EFEKTIFITAS PENDIDIKAN MORAL DI PESANTREN (Studi tentang Sistem Pendidikan Moral di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri Tahun 2004)

Ahmad Farid

173

PEMBERDAYAAN TANAH WAKAF  DALAM MENUNJANG PENDIDIKAN DI KECAMATAN LOSARI

Drs. Oe Oeng Syamsuri

174

PEMBERDAYAAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN mutu PENDIDIKAN (Studi Analisis terhadap Implementasi Konsep Manajemen Berbasis Sekolah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) se- Kabupoaten Garut)

Dede M. Alwinurdin

175

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENDIDIKAN ANAK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN (Studi Kasus di Desa Kebonsari Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun)

Konik Na’imah

176

PENDIDIKAN SEKS REMAJA DALAM KELUARGA MENURUT PERSPEKTIF ISLAM

Akhmad Humaidi, S.Pd.I

177

KONSEP ANAK DALAM AL-QUR’AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP FASE PENDIDIKAN ANAK

Hidayat Maskur

178

APLIKASI KECERDASAN EMOTIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Jasuri

179

MODIFIKASI SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN (Studi tentang Implementasi Sistem Pendidikan Koprehensip di Pondok Pesantren al-Islam Ponorogo)

Fitri Wahyuni, S.Ag

180

TAREKAT QODIRIYAH WAN NAQSABANDIYAH (Studi tentang Sejarah Perkembangan Pendidikan dan Sosialisasinya Doktrin Qodiriyah wan Naqsabandiyah KH. Zamroji Kencang Kepauang Pare)

Barman 

181

FUNGSI MANAJEMEN KEPENGAWASAN PONDOK PESANTREN TREMAS ARJOSARI PACITAN JAWA TIMUR

Dra. Siti Aisyah

182

PENDIDIKAN GENERASI RABBANI (Studi Kritis tentang Peran Ibu dalam Pendidikan Anak pada Ormas “Wanita Islam” Cabang Baturetno Kabupaten Wonogiri)

Drs. Wiyono

183

PEMIKIRAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN IBNU KHALDUN

Ade Dasmana

184

PROBLEMATIKA MANAJEMEN PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN JAAWA TIMUR

Jalal

185

SISTEM PENDIDIKAN TERPADU MAN INSAN CENDIKIA SERPONG KABUPATEN TANGERANG

Misbah Z. Iskandar

186

PELUANG DAN HAMBATAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI SMAN TULAKAN KABUPATEN PACITAN

Mulyadi

187

HUBUNGAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Eny Prihastuti

188

PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU (Studi Kasus pada Madrasah Tsanawiyah Darussalam Kalibakung Kab. Tegal)

Drs. Jamil Muslim

189

PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SECARA FORMAL PADA MASYARAKAT NELAYAN TERPENCIL TANAH KUNING KALIMANTAN TIMUR

Abdul Arif

190

STUDI KORELASI ANTARA PERANAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI PEMALANG TAHUN 2003/2004

Mukhlisin

191

KEPEMIMPINAN PONDOK PESANTREN TREMAS (Suatu Interpretasi Historis)

Ali Mahfudl

192

KERJASAMA ORANG TUA DAN GURU SERTA KONTRIBUSINYA DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Pacitan)

Sudjalil Arafat

193

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN TINGKAH LAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMK PGRI 1 PACITAN

Kun  Zakiah Nur Sholihah

194

FENOMENA KEHIDUPAN PENYIMPANGAN SEKSUAL NON LOKALISASI DAN UPAYA PEMBINAANNYA DI WILAYAH PANTURA KABUPATEN TEGAL

Drs. Muslikh

195

KOMUNIKASI TRANAKSI SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ ISTIQLAL TALUNOMBO KECAMATAN BETURETNO KABUPATEN WONOGIRI (Studi Kritis Terhadap Metode Iqro)

Dra. Siti Safuroh

196

KONSEPSI PENDIDIKAN ISLAM TENTANG PERANAN AL MARATUS SHALIHAH DI DALAM KELUARGA

Entang Syamsuddin

197

KONSEP KELUARGA SAKINAH DALAM MEMBINA KETAHANAN RUMAH TANGGA (Kajian Tematik Menurut Islam)

Imam Barokah

198

KONSEP PENDIDIKAN MENURUT IBNU TAIMIYAH (Telaah Kitab A’lamu at Tarbiyah fi Tarikhi Islami Ibnu Taimiyah)

Imam Faqih

199

ANALISIS UNDANG-UNDANG NO.20 TAHUN 2003 PASAL 3 TENTANG TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Telah Tujuan Pendidikan Nasional)

Saepudin

200

STUDI TENTANG KEPEMIMPINAN KYAI DALAM MEMBIMBING DAN MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN ISLAM DI PESANTREN AL-HIKMAH I BENDA KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES

M. Wahibpudin

201

KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (Studi Pemikiran Pendidikan Syed Muhammad Naquib al-Attas)

Rif’an

202

MODEL SISTEM PENGELOLAAN MADRASAH DI ERA OTONOMI DAERAH (Studi Analisis terhadap Undang-undang Nomor 22 tahun 1999 tentang Otonomi Daerah dan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional)

Akhmad Buhaiti

203

PROBLEMATIKA MANAJEMEN PENDIDIKAN (Studi Kasus di SMA Negeri 2 Pacitan)

Slamet Riyanto

204

PELAKSANAAN PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN QUDWATUSH-SHOLIHIN

Baiq Ainul Matar, S. PdI.

205

PENDIDIKAN AGAMA DALAM PEMBINAAN PENINGKATAN PERAN WANITA MENUJU KELUARGA SAKINAH (Studi Kasus Pembinaan Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) di Desa Kutawaringin Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya)

Nasihin Shilyani

206

PENDIDIKAN SEKS MENURUT ISLAM (Kajian Teoritis Ayat-ayat al-Qur’an dan Hadis)

Mohammad Hanifudin

207

HUBUNGAN PEMAHAMAN TERHADAP KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DENGAN PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PADA GURU MADRASAH ALIYAH ( Studi Kasus pada Madrasah Aliyah “Al-Khairiyah”  Pipitan Kec. Walantaka Kab. Serang)

Sahmin, S. Pd.

208

KONSEP PENDIDIKAN MORAL DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM (Studi Analisis terhadap Surat al-Muzzammil Ayat 1-20)

Ating Nurhayadi

209

UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU DI MADRASAH IBTIDA’IYAH NEGERI KALAK KECAMATAN DONOROJO, KABUPATEN PACITAN

Sutomo

210

PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI DI PONOROGO

Futiati Romlah

211

Manajemen Sumberdaya Manusia dan Etos Kerja MAN 2 Brebes di Bumiayu

Abdul Halim

212

Studi Perbandingan antara Akhlak Siswa yang Pernah Mendapat Pengajaran Kitab Ta'lim al-Muta'llim dan yang tidak pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Ponorogo

Nurhadi

213

Wawasan Demokrasi Dalam Pendidikan Pesantren (Studi Kasus pada PPTQ a-Asy'ariyyah dan API Raudathut Tholibin)

Nurul Mubin

214

Efektivitas Pelaksanaan Gerakan Membaca Al-Qur'an Sebelum Melaksanakan Tugas Bagi Pegawai Negeri Sipil di Instansi Pemerintah Kabupaten Temanggung (Studi kasus di Kecamatan Kledung)

Sutopo

215

Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Kinerja Guru Agama Islam SD (Studi di Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung)

Achjari

216

Sistem Pendidikan Keluarga Dalam Upaya Mewujudkan Keluarga Sakinah (Pendekatan Filosofis)

Aep Abdul Jalil

217

Pendidikan Islam dalam Tariqat Naqsabandiyah (studi tentang kegiatan edukatif dalam Tariqat Naqsabandiyah di Kabupaten Ponorogo)

Ahmad Fakhruddin Lathif

218

Menggagas Metodologi Pembelajaran Tafsir Al-Qur'an di Pondok Pesantren (Kajian Penerapan Metode Pembelajaran Tafsir Al-Qur'an)

A. Musthofa

219

Pengaruh Kompetensi Guru dan Persepsi Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Prestasi Kerja Guru SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2004/2005

Djumari

220

Madrasah Aliyah Sebagai Sekolah Menengah Umum Berciri khas Islam (Studi Kritis terhadap Realisasi Visi, Misi dan Tujuan Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Pacitan)

Muhammad Kholid Masruri

221

Studi Komparasi Metodologi Keilmuan (Paradigma dan Epistemologi Keilmuan) Pondok Pesantren Leler (Salaf) dan Daar Ulil Albaab (Modern) Kedung Kelor

Masngad

222

Kinerja MTs Negeri Grabag Kabupaten Magelang dalam Melaksanakan Program Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah

M. Affifuddin

223

PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri Cikalong Tasikmalaya)

Zainal Arifin

224

Konsep Pendidikan Akhlak menurut Manajemen Qolbu (Studi kasus di Pondok Pesantren Daarut Tauhid, Bandung Jawa Barat)

Agus Abdulloh

225

Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (Studi Evaluasi KBK di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pekalongan)

Suyoto

226

Pendidikan Keagamaan Pondok Pesantren Daar At-Taubah Al-Islamiyah Terhadap Pekerja Seks Komersial di Lokalisasi Saritem Kota Bandung Propinsi Jawa Barat

Muhammad Sya'ban

227

Paradigma Pondok Pesantren "Dakwah Jama'ah Khuruj" di Kerincing Secang Magelang

Rozis

228

Evaluasi Program Ketrampilan di Madrasah Aliyah Negeri Temanggung

Chamidun

229

Pendidikan Disiplin Militer dalam Perspektif Pendidikan Islam (Studi Komparatif Pendidikan Disiplin dalam Militer dan Islam di Indonesia)

Sutarto

230

Madrasah Aliyah dalam Perspektif Masyarakat Madani Indonesia (Tinjauan Sosiologis terhadap kualitas pendidikan MAN Pemalang sebagai Lembaga Pendiddkan Islam)

Imam Sayekti

231

Konsep Pendidikan Tauhid dalam Surat Al-Fatihah (Studi Deskriptif Analisis Tafsir bi Al-Ma'tsur)

Nandang Rahmat

232

Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dan Layanan Bimbingan Konseling dengan Prestasi Belajar Siswa MAN Malang Kabupaten Pemalang

Paizin

233

Kemampuan Guru Agama Islam dalam penguasaan metode pembelajaran KBK di MAN Temanggung

Sri Yatun

234

Dampak Sosialisasi zakat terhadap keberhasilan pengelolaan zakat profesi di kabupaten Temanggung

Chumaidi M.F

235

Konsep pendidikan akhlak dalam Islam : studi terhadap pesan-pesan Lukmanul Hakim dalam Al-Qur'an

Imas Rohimah

236

Pengaruh Pendidikan Agama terhadap Mentalitas Prajurit Komando

Aan Suhendar

237

Manajemen Pendidikan Pesantren: Studi Kasus pada pondok Pesantren Diponegoro, Sambego, Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY

Nurhuda

238

Pengaruh pelajaran pendidikan agama Islam terhadap perilaku siswa muslim di SMK Negeri 3 Yogyakarta

Wakingah

239

Konsep Pancadarma Ki Hadjar Dewantara menurut Pendidikan Islam

Nurul Awalin

240

Konsep Akhlak Menurut HAMKA (Pendekatan Filosofis Paedagogis)

Dadang Sayuti

241

Konsep Pendidikan Akhlak dalam Al-Qur'an ( Studi Tentang Implementasi Nilai-Nilai Al-Qur'an pada Perilaku siswa MAN Pemalang )

Suwardi

242

Dinamika Pendidikan Pesantren Darul Aman Pingit Pringsurat Temanggung Tahun 2000-2005

Umi Tsuwaibah

243

Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dengan Kurikulum KBK dlm Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada SMP Pilot proyek Pelaksana KBK di Propinsi Daerah Istemewa Yogyakarta

Suparjan

244

Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SD Wirun 04 Mojolaban Sukoharjo Tahun 2005

Sri Kusdwilastuti

245

Implementasi Manajemen Strategis di Madrasah Aliyah Negeri  Temanggung

Nur Makhsun

246

PERANAN PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA Siswa SMA 2 Sleman Yogyakarta

Siti Mahmudah

247

Pengaruh Motivasi dan Prestasi Belajar Mata Kuliah Tasawuf Terhadap Pengamalan Tareqat Qadariyyah wan Naqsyabandiyyah (di Lingkungan IAILM Suryalaya Tasikmalaya)

Nur Sirryana Handayani

248

Kompetensi Guru Agama dalam Pembentukan Jiwa Wirausahaan Siswa SMK Swadaya di Kab. Temanggung

Humam Sabroni

249

UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU dalam Kegiatan Proses Blajar Mengajar Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di MAN Panggul)

Mustofa Alchamdani

250

Pendidikan Anak Usia Dini (Study Perbandingan Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS dan Pendidikan Islam

Raden Nurhayati

251

Paradigma Pendidikan Pesantren Salafiah dalam Pengembangan Etos Kerja (Studi Kasus di Kelurahan Cibeuti, Kawalu, Tasikmalaya)

Ahmad Zaki Mubarak

252

Penerapan MBS di Era Otonomi Daerah (Studi Deskriptif tentang Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di MTsN Model Daerah Trenggalek)

Moh. Rois

253

Pendidikan Spiritual sebagai Metode Pendidikan Akhlak (Studi terhadap Latihan Spiritual Tarekat Qadariyyah Naqsabadiyyah Pondok Pesantren Suryalaya)

Nurhamzah CS

254

Studi Terhadap Sistem Pendidikan Pesantren Salafiyah Al-Munawwar Jarnauziyyah PasirBokor Tasikmalaya

Pepep Fuad Muslim

255

Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di Era Otonomi (Studi Kasus tentang Problem Implementasi MBS di MAN Daerah Kota Trenggalek)

Imam Samsul Hadi

256

Pembaharuan Pendidikan Pondok Pesantren Al-Hikmah Desa Mereng Kec. Warungpring Kab. Pemalang

Abdullah Thohir

257

Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama  (Studi Kasus di SMP 1 Panumbangan, SMP 3 Panumbangan dan SMP Muhamadiyah Cikoneng Ciamis)

Endang

258

Pengaruh Kepemimpinan dan Kecerdasan Emosional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2005/2006)

Priatna

259

Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Etos Kerja Guru terhadap Motivasi Siswa dalam Berorganisasi OSIS

Eman Sulaeman

260

Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Agresivitas pada Siswa MTsN Pemalang

Susilo Hadi Prayitno

261

Efektivitas Pendidikan Anak Usia Dini: (Studi Kasus di Lembaga Pendidikan Integral "Yaa Bunayya" Trenggalek)

Tri Astuti Wahyuningsih

262

Pola Pembinaan Kader Motivator Keluarga Sakinah di Kota Yogyakarta (Studi tentang Pola Desa Binaan Keluarga Sakinah)

Saiful Anwar

263

Kontribusi Pendidikan Islam Terhadap Upaya Mewujudkan Masyarakat Madani (Nalisis Ilmu Pendidikan Islam)

Anang Rusmana

264

PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM di Lingkungan Keluarga Nelayan Pantai Selatan Kecamatan Cikalong Tasikmalaya

A. Jenal Arifin

265

Peranan BP4 dalam Mencegah Terjadinya Perceraian (Studi Kasus di Kec. Salawu, Tasikmalaya

Nunung Nurhayati

266

Efektifitas Pendidikan Orang Tua dalam Pembentukan Keluarga Sakinah (Studi Kasus di Kec. Cibeureum, Tasikmalaya)

Dadang Romansyah

267

Model Pendidikan Islam Terpadu (Studi Kasus di Pondok Pesantren La Tansa Kec. Cipanas Kab. Lebak, Banten)

Ahmad Rafiq Udin

268

Etos Kerja Guru Pendidikan Agama Islam di Kandepaq Kab. Wonogiri (Studi Kasus di Min Se- Kab. Wonogiri)

Munawir

269

Tinjauan tentang Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Al-Falah Gandusari Trenggalek

Slamet

270

Kapasitas Pemahaman Pendidikan Etika dan Tata Krama dalam Kehidupan Sehari-hari di SMK Binaputra Trenggalek

Sumadi

271

Peningkatan Kualitas Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Nailul Ulum Kampak Trenggalek

Mufidz

272

Konsep Teologi Pembebasan Dalam Pendidikan Islam

Asep Nursyamsi

273

Konsep pendidikan Non Dikotomik Dalam Perspektif Fazlur Rahman

Gunawan Ikhtiono

274

Pendapat Siswa SMA Kodya Tasikmalaya Terhadap Fungsi Pendidikan Islam   ( SMAN-I Tasikmalaya)

Ahmad Zaenal Mutaqin

275

Kode Etik Guru Indonesia Menurut Perspektif Etika Islam

Wawan Rusmana

276

Rekonstruksi Sistem Pendidikan Pesantren Salafiyah di Tengah Perubahan Peradaban Modern

Adad Iskandar

277

Sistem Pendidikan Pesantren Persatuan Islam Dalam Perspektif UU No.20 tahun 2003 Tentang Sisdiknas ( Studi Kasus di Pesantren Tarogong Garut)

Maman Supena

278

Proses Pendidikan Seksual Anak menjelang Usia Baligh perspektif Ayat 58 Surat an-Nur

Tarsidin

279

Peran Guru Sebagai Pengganti Sebagian Peran Orang Tua Dalam Proses Pendidikan Anak Usia 6-12 tahun di Lingkungan pondok Pesantren ( Studi Kasus di Pondok Pesantren kanak-Kanak Al Qur'an Asy Syifa Cijantung II Ciamis Jawa  Barat)

Asep Saripullah

280

Pembinaan Agama Islam dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Keagamaan Para Tahanan dan Narapidana (Studi Kasus di Rumah Tahanan Negara Demak) 

Zainal Abidin

281

Konsep Pendidikan Islam di Indonesia Menurut Muhammad Natsir (Relevansi Pemikiran Muhammad Natsir Terhadap Pendiidkan Islam di Indonesia secara Integral)

Al-Juhra

282

Pendekatan Multikultural dalam Pendidikan Pesantren (Studi terhadap Pesantren Mahasiswa Hasyim Asy'ari Yogyakarta)

Saiful Amin

283

Implementasi Nilai Keikhlasan Terhadap Pendidikan para Santri di Pondok Modern Ponorogo

Imam Budiono Sahal

284

Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren (Studi di Pondok Pesantren Kebon Jambu Babakan Ciwaringin Cirebon Jawa Barat)

Jaenuddin

285

Penerapan Metode Amsilati dalam Belajar Membaca Kitab Kuning bagi Penghulu di Kabupaten Bantul

Nadhif

286

Implementasi Kebijakan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah di MTsN Pemalang

Raharjo

287

Pengaruh Metode Mengajar dan Ragam Tes Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP Negeri 1 Comal Pemalang

Sholahuddin

288

Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih Ibadah dan Pengalamannya dengan Model Pembelajaran Kontekstual dalam kurikulum Berbasis Kompetensi (Studi Kasus di MTs Daar Es Salaam Luwunggede Brebes)

Taslani

289

Partisipasi siswa dalam Pembuatan Alat Bantu Pengajaran di SMK Negeri 3 Yogyakarta

Slamet Y.

290

Motivasi Siswa Masuk Madrasah Tsanawiyah Walisongo Ulujami Pemalang dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar

Chamiddun

291

Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Politik Kebangsaan dan Konfigurasi Pemikiran Nahdlatul Ulama Cabang Kabupaten Pemalang (Analisis Studi Sosio Politik)

Muhammad Faesol

292

Metode Pemberdayaan Zakat (Studi Implementasi Kebijakan Pengelolaan Zakat pada BAZ Kota Yogyakarta)

Sugito

293

Hermeneutika Sebagai Pendekatan Alternatif dalam Pembelajaran Ilmu Tafsir di Perguruan Tinggi

Abdul Muiz

294

Reformasi Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Salafiyah Kauman Pemalang

Mu'tamar

295

Hubungan Pola Asuhan Orang Tua dengan Kedisiplinan Belajar (Studi Kasus Siswa SMP Muhamidyah 2 kalasan Sleman DIY Tahun Ajaran 2006/2007)

M. Mustofa

296

Pendidikan Kesehatan Reproduksi dalam Islam

Halili

297

Studi Tentang Manajemen Pendidikan pada Taman Pendidikan Islam (TPA) "Al-Amanah" Jatisrono Wonogiri

Aji Sunaryo

298

Pengaruh Ketaatan Orang Tua dalam Menjalankan Salat Terhadap Anak Studi Kasus di MTs Negeri 2 Wonogiri

Sarwono

299

Kualitas Pembelajaran Kontektual dalam Mengimplementasikan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) (Studi kasus Pembelajaran Kontekstual Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri I Jatisrono)

Suparno

300

Manajemen Pendidikan SMA Ma'rif 1 Sleman Tempel Kabupaten Sleman

Nurcholis Wiranto

301

Pendidikan Keluarga dalam Perspektif BP4 Menuju Keluarga Sakinah (Studi Kasus di Kecamatan Paranggupito, Wonogiri)

Sutigjo

302

Metode Pembelajaran Pondok Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren al-Falaah Grobogwetan Pangkah Kabupaten Tegal Jawa Tengah)

Muchamad Muzammil

303

Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah dasar Melalui Gugus (Studi Kasus Pelaksanaan Kelompok Kerja Guru di gugus Ki Mangunsarkoro SD Inti Procot 01 Slawi Kabupaten Tegal)

Nastiti Nasiatul Aisiyah

304

Peran Santri dan Kyai dalam Manajemen Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Al Hikmah Desa Mereng

Satrio

305

Peran Orang Tua Terhadap Anaknya dalam Peningkatan Agama Islam di SMP Negeri 4 Wonogiri Tahun 2006/2007

Tugiyem

306

Sistem Pendidikan Pesantren Tradisional sebagai Alternatif Pola Pendidikan Islam di Indonesia (Studi pada Pondok Pesantren al-Muayyad Surakarta)

Mursidi

307

Peran Pengawasan dalam Peningkatkan Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah di kab. Wonogiri Tahun Pelajaran 2006/2007

Ismu Farida

308

Strategi Pembelajaran Bahasa Arab melalui Contextual Teaching and Learning di MTsN Model Babakan Lebaksiu Tegal

Nur Puad

309

Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMK Plus Yayasan Serba Bakti Suryalaya-Tasikmalaya)

Ma'turidi

310

Moralitas dalam Pendidikan Sistem Ganda di Sekolah Kejuruan (Studi Kasus di SMK Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal)

Kunaji

311

Studi Korelasi antara Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Ketaatan dalam Salat Siswa SMP Muhammadiyah 7 Wonogiri

Rusdiana

312

Efektifitas Manajemen Akademik Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Samarinda

Fathul Jannah

313

Manajemen Berbasis Sekolah (Studi Kasus di SMA Ihsaniyah Kota Tegal)

Andi Sulton

314

Rekontruksi Manajemen Pendidikan Islam sebagai Upaya Strategi Meningkatkan Mutu di MIM Unggulan I Gading Kab. Klaten (Pendekatan Total Quality Management)

Rustatiningsih

315

Sistem Strategi Pembeljaran Qira'at Sab'ah di Madrasah Huffaz Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta

Ujang Sihabudin

316

Pengaruh Motivasi Berjilbab terhadap Perilaku Para Siswa SMA di Kabupaten Ponorogo

Hernu Suprapto

317

Efektifitas Implementasi Studi Islam Praktis dalam Rangka Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa SMP Al Manaar Cilacap

Joko Sumpeno

318

PENGARUH PONDOK PESANTREN TERHADAP KETERPADUAN PENDIDIKAN SEKOLAH ( Studi Kasus Pengaruh Pesantren Salafiyah dan Bahrul Ulum Terhadap Keterpaduan Pendidikan di MAN Pemalang )

Samhuri

319

PERAWATAN PENDERITA GANGGUAN MENTAL AKIBAT NAPZA DI PONDOK REMAJA INABAH XVII PUTRI PONDOK PESANTREN SURYALAYA TASIKMALAYA

Sri Nurhayati

320

Peranan Kelompok Pengajian Terhadap Pembinaan Keagamaan Manula di Kecamatan Sidoharjo Kab. Wonogiri (Studi Kasus Pembinaan Keagamaan Manula Tahun 2008)

Sutarno Hadi

321

Pembelajaran Model Portofolio pada Mata Pelajaran Agama Islam di SMA "Al Husain" Salam Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2007/2008

Saifudin Zuhri

322

Metodik Khusus Pendidikan Islam dalam Penyembuhan Korban Penyalahgunaan Narkoba dan Kenakalan Remaja ( Kasus di Inabah XVII Putri Pondok Pesantren Suryalaya)

Nurhidayat

323

Peningkatan Mutu Pendidikan Iman dan Takwa di Sekolah: (Studi Konseptual tentang Landasan dan Tujuan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama/SLTP)

Ahmad Djamad

324

Internalisasi Zikir bagi Penyembuhan Gangguan Mental Psikosomatik (Kasus di Pondok Remaja Inabah VII Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya)

Toto Zaenal Kholis

325

Implikasi Paedagogis surat Al-Hasyr Ayat 18 tentang Evaluasi Pendidikan Islam

Wawan

326

Konsep Pendidikan Akhlak K.H.A Shohibul Wafa Tajul 'Arifin

Roni Budi Wibowo

327

Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam dan Dampaknya terhadap perilaku Belajar Peserta Didik (Studi di MAN Kiarakuda Ciawi Tasikmalaya)

Dedeh Darliah

328

Implementasi Metode Qur'ani dalam Pembelajaran Agama Islam di sekolah (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Cikoneng Kabupaten Tasikmalaya)

Nurjamil

329

Tanggapan Siswa terhadap Upaya Guru bidang Studi Agama Islam dalam melakukan Diagnoa Kesulitan Belajar dan Hubungannya dengan Prestasi Kognitif mereka (Studi kasus di SMP Negeri I Tambaksari Kab. Ciamis )

Mumu Munawarudin

330

Kinerja Komite Sekolah Hubungannya dengan Kinerja Guru dan Prestasi Belajar Siswa (Penelitian di SMP Negeri 1 Panumbangan Ciamis)

Ahmad

331

Kualifikasi Guru dalam Ilmu Pendidikan Islam

Wawan Mufti Ridwan

332

Pemikiran dan Metode Pengajaran KH. Ahmad Rifa'I tentang Etos Kerja (Telaah Historis Gerakan Pembaharuan Islam Abad XIX di Jawa Tengah)

Muhammad Labid Suryoko

333

Pengaruh Kecakapan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru dan Mutu Proses Pembeajaran PAI ( Studi di SD Kecamatan Pegerageung )

Wawan

334

Pengembangan Keterampilan Guru Dalam Melaksanakan Variasi Siswa dalam Kegiatan Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam (Penelitian di SMU Negeri 3 Tasikmalaya)

Kurtubi

335

Implikasi Peadagogis Surat Al-Kahfi Ayat 66 -78 tentang Interaksi antara Guru dengan Siswa pada Proses Pengajaran Agama Islam

Atam Rustam

336

Pengaruh Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Gegempalan Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Umum dan Akhlak Siswa di MTsN Maparah Penjalu Ciamis

Sep Amin

337

Konsep Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Al-Qur'an (Kajian Tafsir al-Maraghi Surat al-Isra Ayat 23-24)

M. Saidin

338

Implementasi Manajemen Berbasis di SMAN 1 Baturetno Tahun 2006/2007

Marsudi Tri Sampurno

339

Karakteristik Taqwa Perspektif Al-Qur'an dan Sunnah ( Upaya Merumuskan Tujuan Pendidikan Islam )

Mulato

340

Analisis Terhadap Konsep Pendidikan Islam Gerakan Ikhwanul Muslimin

Mamal Ahmad Djamaluddin

341

Kompetensi Guru Agama Islam Kota Tasikmalaya Jawa Barat (Studi Kasus MAN Awipari Kota Tasikmalaya)

Omay Komaruzaman

342

Implikasi Kurikulum Terhadap Wawasan Keagamaan Santri ( Studi Komparasi di Pondok Pesantren Turus dan Pondok Modern Daar el-Falaah Kabupaten Pandeglang Banten)

Armin Ibnu Rasim

343

Pengaruh Motivasi Siswa yang Tinggal di Pondok Pesantren Terhadap Hasil Ujian Nasional Madrasah Aliyah Negeri Cipasung, Tasikmalaya

Aas Abdul Hasim

344

Dampak Tayangan Iklan yang Berbau Pornografi dan Pornoaksi dari Kontak Media Televisi Terhadap Keagamaan Siswa Sekolah (Studi Kasus di SMP Islam Paniis Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya)

Anton Nugraha

345

Pengaruh Pengawasan Terhadap Peningkatan Kualitas Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam dan Prestasi Belajar Siswa ( Studi Kasus di Sekolah Dasar se-Kecamatan Cijulang Kabupaten Ciamis )

Tata

346

Peranan Keluarga Pada Pembentukan Akhlak Anak Usia Pra Sekolah dalam Perspektif Pendidikan Islam

Khasan Aedi

347

Metode Pendidikan yang Berpengaruh Terhadap Anak dalam Keluarga Menurut Hadis Rasulullah SAW

Dede Suryana

348

Model Pembelajaran Accelerated Learning di Pesantren Salafiyah

Anwar Nashori

349

Peran Pendidikan Keluarga Muslim dalam Meningkatkan Perilaku Sosial Anak (Penelitian Terhadap Warga Majelis Taklim di Kec. Cigalontang Kab. Tasikmalaya)

Ade Erni

350

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) di Tasikmalaya

Ai Halimatu Sa'diyah

351

Metode Mengajar dalam Perspektif Pendidikan Islam ( Studi terhadap Surat an-Nahl ayat 125 )

Entis Sutisna

352

Konsep dasar Pendidikan Keluarga Sakinah dalam Perspektif Al-Qur'an

Solahudin

353

Sistem Pembelajaran di Pondok Pesantren Baitul Hikmah Haur Kuning ( Analisis terhadap Tingkat Kemampuan Santri dalam Membaca Kitab Kuning )

Saripudin

354

Peranan Pendidikan Pesantren Salafiyah dalam Pembentukan Keluarga Sakinah ( Studi Kasus di Enam Pesantren di Cibeuti, Tasikmalaya )

Bakri Nurjamil

355

Pengaruh Metode Riyadah Terhadap Etos Kerja Jama'ah Majelis Ta'lim (Studi Kasus pada Majelis Ta'lim al-Fata Pondok Pesantren al-Ulfah Rancah Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis)

Achmad Fauji

356

Sistem Pendidikan Pondok Pesantren (Sebuah Kajian Sistem Salaf-Modern) pada Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Kismantoro Wonogiri

Siti Rukayah

357

Sikap Siswa Terhadap Kekosongan Jam Belajar (Studi kasus di SMP Negeri 2 Kersamanah, Garut)

Abdul Rohim

358

Kepemiminan pada Dunia Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur'an: (Studi terhadap Ayat Suci al-Qur'an Surat An-Nur (24) Ayat 55 dan Surat Al-Isra' (17) Ayat 24 serta Teori Modern yang Berhubungan dengan Kepemimpinan pada Dunia Pendidikan)

K. Fu'ad Hasan

359

Pendidikan Anak Perempuan dalam Perspektif Islam (Analisis Konseptual Pendidikan anak Perempuan usia 0-10 tahun di lingkungan keluarga)

Imas Masitoh

360

Problematika Dikotomi Pendidikan Islam dalam Pandangan Isma'il Raji Al-Faruqi

Maftuh

361

Hubungan Rasa Aman dengan Prastasi Belajar Siswa Korban Tsunami di SDN Batukaras II Cijulang Ciamis

Rohiya Ambar Santoso

362

Model Pendidikan Pesantren Taman Kanak-kanak (Studi Kasus di Taman Kanak-kanak Nihayatul Amal Rawamerta Karawang)

R. Asep Hamdan Munawar

363

Sistem Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Nurul Iman Kec. Cigalontang Kab. Tasikmalaya (Analisis terhadap Pengaruh Sistem Pembelajaran Bahasa Arab terhadap Kemampuan Siswa dalam Berkomunikasi Bahasa Arab)

Aah Solihah

364

Pengaruh Pembinaan Profesionalisme Guru terhadap Peningkatan Kualitas Siswa (Studi kasus MTs Sirnarasa Cisirri Desa Ciomas Kec. Penjalu Kab. Ciamis)

Dewi Khoer Mulyana

365

Partisipasi Guru dan Komite Sekolah pada Manajemen Sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta II

Nur Hidayat

366

Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab di Ma'had Ali bin Abi Thalib UMY Tahun Ajaran 2006/2007

Aisyah M. Tidjani

367

Pemberdayaan Perpustakaan Madrasah sebagai Sarana Pembelajaran (Studi Kasus di Perpustakaan MAN Temanggung)

Amin Tasrohmad

368

Metode Pendidikan Hukuman dan Ganjaran (Studi Terhadap Qs. An-Najm (53) Ayat 31)

Ade Hidayat

369

Penerapan Psikologi dalam Pembelajaran (Studi di SMAN I Anyer Kabupaten Serang)

A. Salamuddin

370

Korelasi Materi Pendidikan Agama Islam dengan tingkah laku Keagamaan Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri I Anyer

Uun Kurnaesih

371

Efektifitas Penerapan Disiplin dan Minat Belajar Hubungannya dengan Kualitas Pendidikan di MTS Masarratul Muta'alimin Banten

Sholahuddin

372

Revitalisasi Ajaran Islam dalam Pengembangan Pendidikan di Pondok Pesantren Al-Mubarok Serang

H. Mahmudi

373

Hak Asasi dalam Al-Qur'an ( Kajian Tematik )

Waris Fahrudin

374

Efektifitas Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris di Pondok Pesantren Salafiyah dalam Penyelengaraan Wajar DIKDAS 9 Tahun (Studi Kasus di Pondok Pesantren Salafiyah al-Ihsan Kota Tasikmalaya)

Epa Badriyah

375

Madrasah dan Pemanfaatan Teknologi Pendidikan (Studi Kelayakan di MTsN Anyer Kabupaten Serang Banten)

Burhanuddin

 

 
 

Polls

Bagaimana kemampuan metodologi alumni MSI UII?
 
Apakah perlu MSI UII menyelenggarakan Training Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif?
 
Bagaimanakah Layanan Hot Spot MSI UII di Kampus UII Demangan?
 
Alumni MSI UII yang anda kenal, apakah mereka mampu berbahasa asing (Arab dan atau Inggris) ?
 
Apakah hasil FGD BMT perlu dilanjtkan dengan Workshop?