DINAMIKA SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN (Studi Di Pondok Pesantren Kebon Jambu Babakan Ciwaringin Cireb

0
893

Jaenudin. 2007. DINAMIKA SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN (Studi di Pondok Pesantren Kebon Jambu Babakan Ciwaringin Cirebon). Tesis Magister Studi Islam Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mencermati dinamika sistem pendidikan di pondok pesantren Kebon Jambu dalam hubungannya dengan modernisasi pendidikan. Di samping itu, penelitian ini juga mengungkapkan berbagai pengaruh yang ditimbulkan sebagai akibat dari modernisasi pendidikan dan mengungkap langkah-langkah yang dilakukan pihak Pondok Pesantren Kebon Jambu terkait dengan antisipasi dari pengaruh negatif modernisasi pendidikan.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, dengan subyek penelitian, kyai, ustadz, pengurus dan santri. Pemilihan pondok pesantren Kebon Jambu sebagai setting penelitian didasarkan pada pelaksanaan kegiatan kepesantrenan yang bercirikan tradisional-salafiyah di era saat ini yang tengah dihadapkan pada pengaruh medernisasi di bidang pendidikan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi, dan dianalisis menggunakan model analisis data kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, ada tiga variasi sistem pendidikan, (a) pengajian ba’da shalat wajib yang diperuntukkan bagi seluruh santri dengan metode sorogan dan bandongan; (b) Madrasah Tahsinul Akhlak Salafiyah (MTAS), yang diperuntukkan bagi kalangan santri-santri yang tidak sekolah formal; (c) pendidikan dan ketrampilan kokurikuler yang memberikan perhatian pada upaya membekali santri dengan kemampuan penguasaan seni qiraatul qur’an, shalawat, dekorasi/kaligrafi, dan pencaksilat PTSG.
Kedua, proses modernisasi pendidikan di Indonesia dalam kenyataannya telah mempengaruhi tradisionalisme pesantren di pondok pesantren Kebon Jambu, terutama dalam bidang pendidikan. Ada dua program pemerintah yang nota bene menjadi bagian dari proses modernisasi pendidikan yang diselenggarakan di pondok pesantren ini, yaitu program Wajar Dikdas dan Kejar Paket C yang pelaksanaannya disatukan di MTAS. Di samping dua program ini, kursus bahasa Inggris telah menjadi materi tambahan bagi santri-santri. Ini dilakukan, sebagai upaya  membantu dan memfasilitasi santri dan masyarakat sekitar untuk ikut membantu mensukseskan program pemerintah.
Ketiga, antisipasi yang dilakukan pondok pesantren Kebon Jambu terhadap pengaruh modernisasi pendidikan dan bahkan globalisasi, antara lain; a) meneguhkan sistem pendidikan dan pembelajaran yang berorientasi pada pendidikan kepribadian santri yang berakhlakul karimah. Melalui literatur keislaman tradisional, pendidikan di pesantren ini berpijak pada penguasaan keilmuan terapan Islam, (fiqh, akhlak dan tasawuf) untuk diamalkam dalam kehidupan keseharian; b) mengintensifkan budaya pendidikan pesantren yang dicirikan dengan metode sorogan, bandongan dan musyawarah (bahs al-masail), sebagai upaya meneruskan warisan tradisi ulama salaf; c) memberikan ketrampilan santri dengan kegiatan kependidikan yang berorientasi pada kokulikuler dan mengkondisikan santri untuk selalu membaca media massa, seperti membaca surat kabar harian Media Indonesia yang disediakan oleh pondok pesantren.

THE DYNAMIC OF PESANTREN EDUCATION SYSTEM
(Study in Pondok Pesantren Kebon Jambu Babakan Ciwaringin Cirebon)

By Jaenudin

ABSTRACT

This research aim to analyze the dynamic of education system in Kebon Jambu Islamic boarding (pesantren Kebon Jambu) in its relation with the education modernization. Despitefully, this research also lay open various influence generated in consequence of education modernization and express the stages; steps that are done by pesantren Kebon Jambu anticipatory from negative influence modernize education.

This research is done with the approach qualitative, by research subjects are kyai, ustadz (teacher), manager and santri (student). The election of pesantren Kebon Jambu as setting research relied on execution of activity the distinguishing of traditional Islamic salafiyah in this time which is being be given on by influence modernization in educational sector. Data collected by passing observation, circumstantial interview and documentation, and analyzed to use the model analyze the data qualitative.

The result of this research indicate that; The first, there are three system of education in pesantren Kebon Jambu; (a) the education is done after obligation prayer (shalat wajib), with the method of sorogan and bandongan which is obliged to systematically destined for all santri, both for formal school and or which MTAS (Tahsinul Akhlak Salafiyah School). (b) MTAS, what is destined by for circle santri which school is not formal and own the attention of Islamic traditional science development. (c) Skill education giving attention of effort supply the santri education ably domination of one skilled, covering that are for example; art of qiraatul qur’an, shalawat, calligraphy, and pencaksilat ‘PTSG’.

The Second, as pesantren that is have salaf characterize, pesantren Kebon Jambu assumed by accommodative to epoch growth and all product accompanying it. Technically, Wajar Dikdas and Packet C passed off at the same time with the study time in MTAS. In other that, there is English course as add object. This is done to remember the MTAS students become the scale of priority and goals two the governmental program.

The Third, the anticipation is done by pesantren Kebon Jambu to influence modernize the education and even globalization, for example; a) confirm the system of education and study which is have orientation the education of student personality which have akhlak al-karimah. Through Islamic traditional literature, education in this pesantren tread on domination of applied Islamic sciences Islam, (fiqh, akhlak and tasawuf); b) intensify the culture of education pesantren distinguished with the method sorogan, bandongan and discussion (bahs al-masail), as effort continue the heritage of ulama traditional; c) give skilled students with the education activity and condition students always to read the mass media, like reading daily newspaper of Media Indonesia provided by pesantren.

عملية نظام التربية في المعهد

(البحث على المعهد كبون جامبو بباكن جيوارغين جيربون)
بقلم زين الدين

ملخص
يتجه هذا البحث العلمي لتدقيق عملية نظام التربية يتعلق بإعصار التربية في المعهد كبون جامبو,  ويكشف أيضا عدة التأثيرات من إعصار التربية و اختبارات كتلة المعهد كبون جامبو على التوقع في التأثير الخبيث من إعصار التربية.
ويقام هذ البحث باقتراح الجودي. أما التابع المبحوث فهو المشايخ و الأساتيذ و الندراء و التلاميذ. و أما اختيار معهد كبون جامبو في البحث فلأن عملية برامج المعهد على السلفية مع هذا العصر يستجب فيه إعصار التبرية. وتؤخذ المادة على الإحتراز والاستخلاص العميق والوثيقة ثم يحلل بالتحليل الجودي.

    وتدل نتيجة البحث على ما يلي: الأولى، لنظام التربية ثلاثة أنواع وهي التعليم لجميع التلاميذ بعد صلاة الفرض بالقراءة على المشايخ ومدرسة تحسين الأخلاق السلفية (م.ت.أ.س)لجميع التلاميذ لم يتعلموا في المدارس الحكومية خصوصا والتربية والدروس الإضافي ليتأهل التلاميذ على قراءة القرآن والصلاوات والخط والفنون العسكرية ف.ت.س.غ.

    الثانية، عملية إعصار التربية في إندونيسيا تؤثر على سلف المعهد في معهد كبون جامبو عاما وفي التربية خاصا. ويستخدم فيه البرنامجان الحكومي وهما برنامج Wajar Diknas و Kejar Paket C لجميع التلاميذ تحتاج إليهما لمساعدة التلاميذ والمجتمع حول المعهد وانجاز البرنامج الحكومي.
الثالثة، ومن توقعات المعهد كبون جامبو عن تأثير إعصار التربية بل الشمولية: أ) إقامة نظام التربية والتعليمية وتؤسسها تربية أخلاق التلاميذ بالأخلاق الكريمة. وكانت التربية في هذا المعهد بالمراجع الإسلامية السلفية على مباحث التطبيقات الإسلامية (فقه والأخلاق والتصوف) ليستعمل كل يوم في حياة التلاميذ، ب) تكثيف ثقافة المعهد الذي يمتز فيه القراءة على المشايخ وسماع المشايخ وبحث المسائل الدينية ليستمر دَيْدَن العلماء السلفية، ج) تأهيل التلاميذ على عملة التربية التي يؤسس على الدرس الإضافي ويعود التلاميذ على قراءة الصحف والجريدة مثل الجريدة اليومية Media Indonesia يقدمها المعهد.