Abstrak Tesis: BALIKPAPAN MENUJU MASYARAKAT MADANI

0
53

Ahmad Syahruddin. 2009. BALIKPAPAN MENUJU MASYARAKAT MADANI (Studi Terhadap Peran Sektor Pendidikan Dalam Mewujudkan Kota Balikpapan Sebagai Madinatul Iman). Tesis. Yogyakarta: Magister Studi Islam Universitas Islam Indonesia.

Permasalahan penelitian yang dijawab dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Peran Pendidikan di Kota Balikpapan dalam upaya mewujudkan visi kota Balikpapan Madinatul Iman?; (2) Apakah Konsep Masyarakat Madani terwakili dalam visi Kota Balikpapan Madinatul Iman?; (3) Langkah-langkah apa yang telah dan akan dilaksanakan dan dipersiapkan untuk menyediakan SDM terdidik sebagai anggota masyarakat Madani?

Penelitian ini bertitik tolak dari kajian dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri sumber-sumber kepustakaan terkait dengan berkenaan dengan permasalahan penelitian. Data primer yang dikumpulkan bersumber dari media massa seperti: Buku-buku Tex book, data-data internet, surat kabar, majalah, buletin dan arsip-arsip dari Pemerintah Kota, kantor Dinas Pendidikan, kantor Departemen Agama dan lain-lain, yang terkait dengan topik penelitian.

Penelitian ini menghasilkan bahwa visi Kota Balikpapan untuk menjadikan kehidupan masyarakat yang ideal dan berperadaban (civil Society) atau Masyarakat Madani di Kota Balikpapan, memerlukan berbagai pilar penyangganya, dan pendidikan merupakan solusi utama untuk upaya perubahan tersebut. Pemerintah sudah mempunyai komitmen kesungguhan untuk berpihak pada peningkatan kualitas pendidikan, demikian pula dukungan masyarakat menampakkan kesadaran bahwa langkah-langkah yang dilakukan oleh pemerintah Kota Balikpapan adalah untuk kemajuan dan kemakmuran masa depan mereka.